Sumbawa Siap Sambut Dubes AS

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (04/09)

Tiga Serangkai; Kapolres, Kajari dan Dandim 1607 Sumbawa
Tiga Serangkai; Kapolres, Kajari dan Dandim 1607 Sumbawa

Kunjungan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, ke Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu indikator bahwa suatu daerah tersebut aman dan kondusif. Karenanya kondisi yang telah terjaga tersebut harus dipertahankan, demi suksesnya kunjungan yang tentunya membawa manfaat khususnya bagi daerah ini.

amdal

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang dikonfirmasi kemarin menyatakan Sumbawa saat ini dalam keadaan kondusif dan tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Bahkan Sumbawa dinilai sebagai daerah yang paling kondusif di NTB. Untuk itu situasi ini akan memberikan jaminan kepada Dubes AS yang berencana melakukan kunjungannya di daerah Sabalong Samalewa ini. “Kami intensif mengerahkan Babinkamtibmas dan fungsi intelkam untuk memantau situasi wilayah, dan kenyataan saat ini sangat kondusif,” kata Kapolres.

Rektor UTS dan Sultan Sumbawa bersama Dubes AS
Rektor UTS dan Sultan Sumbawa bersama Dubes AS

Mengenai kesiapan jajarannya menyambut kedatangan Dubes AS yang hingga kini belum diketahui jadwal pasti, Kapolres menyatakan, siap mengamankan dan menjamin situasi tetap aman. Pihaknya akan mengerahkan kekuatan maksimal bekerjasama dengan unsure terkait lainnya termasuk TNI untuk mengamankan kunjungan tersebut, mengingat pengamanan Dubes AS ini diberlakukan setara presiden yaitu VVIP.

Terkait adanya kemungkinan aksi demo saat kunjungan Dubes, Kapolres menilai hal yang biasa biasa asalkan aksi tersebut tidak mengganggu rute, kegiatan dan personil yang terlibat dalam pengamanan. Orasi dapat dilakukan luar ring dan radius yang telah ditentukan. “Jadi pengamanan ini harus maksimal, menjamin keamanan dan kenyamanan Dubes,” ujarnya.  Sebelumnya, Duta Besar Amerika Serikat, Robert Blake menyatakan rasa tertariknya untuk mengunjungi Sumbawa. Bahkan mantan Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Asia Selatan dan Tengah ini ingin secepatnya berada di Sumbawa. “Ya saya akan ke Sumbawa,” katanya saat dikonfirmasi Gaung NTB di kediamannya, Jalan Taman Suropati, Menteng Jakarta Pusat, belum lama ini.

Baca Juga  Aksi Terekam CCTV dan Sempat Viral di Medsos, Dua Pelajar Ditangkap
Rektor UTS tawari Dubes AS berkunjung ke Sumbawa
Rektor UTS tawari Dubes AS berkunjung ke Sumbawa

Keinginan Dubes untuk menginjakkan kaki di Tana Intan Bulaeng ini setelah mendapat tawaran khusus dari Rektor UTS Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc yang kala itu didampingi Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin IV, Tokoh Sumbawa Ir H Mokhlis M.Si, dan Kabag Humas Setda Sumbawa Rachman Ansori M.SE.

Dubes Robert mengaku sudah mendengar tentang Sumbawa, selain tempat berinvestasinya PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) perusahaan asal Amerika yang berkantor pusat di Denver Colorado, juga dikenal sebagai daerah wisata dengan panorama alam yang sangat indah, bahkan di antaranya telah mendunia yakni Pulau Moyo yang sempat dikunjungi Lady Diana. Dubes Robert juga memastikan, akan ada perusahaan Amerika lainnya yang berinvestasi di Sumbawa bergerak di bidang pertanian. Perusahaan tersebut berkantor di Denpasar Bali namun akan membangun pabrik di Sumbawa. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda