Garuda Siap Layani Penerbangan Setiap Hari

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (02/09)

General Manager Garuda Mataram Sudarmadi disambut Wabup Sbw Drs Arasy Muhkan
General Manager Garuda Mataram Sudarmadi disambut Wabup Sbw Drs Arasy Muhkan

Pesawat Garuda Indonesia kini sudah mulai melayani rute Sumbawa—Mataram. Kepastian ini setelah pesawat jenis ATR 72-600 yang umurnya belum genap satu bulan itu melakukan penerbangan perdana secara komersil di Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa, Senin (1/9).

amdal

Dalam penerbangan dari Mataram menuju Sumbawa, pesawat Garuda mengangkut rombongan General Manager Garuda Indonesia Mataram. Ikut dalam rombongan ini para pejabat propinsi seperti Kadishub dan Kadis Pariwisata, pejabat BUMN/BUMD dan para pelaku usaha yang kemudian disambut hangat Wakil Bupati Sumbawa dan sejumlah kepala SKPD.

Dalam sambutannya, General Manager Garuda Indonesia Mataram, Sudarmadi mengaku sangat terkesan dengan sambutan hangat dan meriah dari pemerintah dan masyarakat Sumbawa kehadiran Garuda. Ia berharap kehadiran maskapainya semakin memperlancar konektivitas Sumbawa—Mataram atau Sumbawa dengan beberapa daerah lainnya, sehingga dapat mendukung perkembangan pariwisata dan ekonomi di daerah Sabalong Samalewa ini.

Untuk sementara, ungkap Sudarmadi, pesawat Garuda akan melayani penerbangan Mataram-Sumbawa-Mataram, empat kali dalam seminggu. Dengan semakin baiknya kerjasama, tidak menutup kemungkinan dalam waktu yang tidak terlalu lama intensitas penerbangan Garuda akan dijadwalkan setiap harinya.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan menyatakan kehadiran Garuda semakin menggeliatkan aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa. Hal ini berdampak sangat positif bagi perekonomian yang dapat mempercepat pembangunan daerah.

Dengan lancarnya semua jalur baik darat, laut dan kini udara, ‘jendela’ investasi akan semakin terbuka lebar. Menyadari hal tersebut, pemerintah daerah tentunya akan memberikan dukungan dan akan meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan.

Baca Juga  Hanya 5 Menit Si Jago Merah Hanguskan 6 Rumah

Mengenai penumpang, Haji An—akrab Wabup disapa, tidak perlu khawatir karena sekarang transportasi udara tidak lagi ekslusif dan menjadi alternative, melainkan sudah menjadi kebutuhan, mengingat masyarakat menginginkan hal yang bersifat cepat dan efektif. “Untuk penerbangan komersil perdana ini, saya lihat penumpangnya cukup banyak. Ini membuktikan masyarakat sangat antusias menyambut geliatnya aktivitas penerbangan di daerah ini,” ucapnya.

Di bagian lain Haji An menyampaikan terima kasih kepada Dirut Garuda dan jajarannya sekaligus apresiasi yang tak terhingga untuk Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Doktor Zulkieflimansyah yang sangat andil dalam mempercepat masuknya Garuda di Sumbawa. “Mereka adalah orang-orang berjasa bagi pembangunan di Tana Samawa,” cetusnya.

Sebelumnya Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengakui pembukaan rute ke Sumbawa ini berkat desakan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dr H Zulkieflimansyah M.Sc yang secara intensif terus melakukan komunikasi dengan dirinya. “Dua figur ini benar-benar sangat memperhatikan Sumbawa dan ingin melihat daerah ini lebih maju dan sejajar dengan daerah lainnya,” kata Emir yang saat itu datang ke Sumbawa didampingi Komisaris Garuda, Betty Alisjahbana dan Dirut Pelayanan, Erik Meijer.

Memang Garuda telah merencanakan akan membuka rute ke berbagai wilayah “Remote” di wilayah Indonesia Timur yang memiliki potensi ekonomi dan wisata. Sumbawa termasuk di dalamnya setelah diingatkan oleh Dahlan Iskan dan Doktor Zul. Bahkan dengan desakan dua tokoh ini pembukaan rute ke Sumbawa yang direncanakan Tahun 2015, akhirnya dimajukan pada tahun ini juga. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda