Siap Kerahkan Pasukan

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (01/09)

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM
Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM

Polres Sumbawa telah menyiapkan pasukan yang akan dikerahkan untuk mengatasi aksi pembalakan liar di wilayah hutan Labangka dan Plampang. Saat dua lokasi ini mengalami kerusakan yang cukup parah, karena aksi pembalakan liar yang tak terkendali. Tanaman jati yang ada di dalamnya bahkan yang terbaik di Nusa Tenggara sekaligus dijadikan jati percontohan dengan harga yang cukup tinggi, habis dibabat.

amdal

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Sabtu (30/8) mengatakan, polisi tetap siap sedia. Saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan intensif untuk memastikan adanya aksi dari pembalakan liar ini sekaligus mengidentifikasi para pelaku illegal logging di dua kecamatan tersebut. “Jika ada, kami langsung mengerahkan pasukan ke lokasi,” tandasnya.

Sebelumnya ketua dan anggota DPRD Sumbawa periode lalu telah terjun ke lokasi. Wakil rakyat ini menemukan sekitar 3000 hektar jati yang berada di eks Perum wilayah Labangka hampir habis dijarah. Penjarahan bukan hanya dilakukan masyarakat biasa, namun oknum pemerintah, maupun aparat dari sejumlah institusi. Nasib serupa juga dialami hutan Plampang. Karenanya ketua DPRD (saat itu) H Farhan Bulkiyah SP mendesak aparat kepolisian dan kehutanan dapat bergerak cepat untuk mengantisipasi meluasnya dampak dari aksi pembalakan liar tersebut. Dalam mengambil tindakan, tidak dilakukan secara tebang pilih, semua yang terlibat harus diproses. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Operasi Zebra Mulai Digelar, Lengkapi Kendaraan dan Patuhi Aturan