JMHS Hadiahi Dubes AS Madu Sumbawa

oleh -1 views
Rektor UTS tawari Dubes AS berkunjung ke Sumbawa
bankntb

Jakarta, SR (27/08)

JMHS Dubes 1Madu Hutan Sumbawa kini semakin dikenal. Hal ini setelah Jaringan Madu Hutan Sumbawa (JMHS) mendapat kesempatan bertatap muka dengan Duta Besar Amerika Serikat di kediamannya, Jalan Taman Suropati No. 3 Menteng, Jakarta Pusat. Kehadiran JMHS ini setelah mengikuti rombongan mahasiswa Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) yang diundang khusus Kedubes AS untuk jamuan sarapan pagi.

Inisiator JMHS, Julmansyah S.Hut kepada Dubes menjelaskan, madu Sumbawa sangat dikenal tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Namun banyak produsen dan pengusaha madu di banyak daerah membawa nama madu Sumbawa sebagai bagian dari produk ataupun promosinya, sehingga tak jarang kualitas madunya tidak baik. Kenyataan ini merugikan nama baik madu Sumbawa. Karenanya JMHS melakukan berbagai upaya. Hasilnya sejak 15 Desember 2011 JMHS telah terdaftar sebagai Pemegang Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Indikasi Geografis (IG) Madu Sumbawa. Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan sertifikat HAKI Indikasi Geografis (IG) oleh Dirjen Hak Atas Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM kepada Gubernur NTB yang kemudian diserahkan kepada Bupati Sumbawa pada HUT NTB di Sumbawa Besar, 17 Desember 2011 lalu. Inisiatif untuk memberikan perlindungan (proteksi) hak intelektual produk ini sangat penting mengingat produk madu Sumbawa berpotensi menjadi komoditi perdagangan lintas Negara dan lintas konsumen. “Madu Sumbawa sudah menjadi merk dagang yang bisa digunakan semua orang. Jika tidak ada yang mengawal, besar kemungkinan produk ini akan didaftarkan sebagai HAKI dari negara lain sebagaimana tempe, kopi dan produk pangan lainnya,” jelas Jul—akrab pria yang tercatat sebagai salah satu pejabat penting di Dinas Kehutanan Kabupaten Sumbawa.  Di akhir pertemuan, Julmansyah memberikan buku tentang Madu Sumbawa dan sebotol madu kepada Dubes Robert Blake yang kemudian menerimanya dengan senang hati.

Baca Juga  Pembangunan Rusun Mahasiswa UTS Mulai Action

madu hutan sumbawaMenurut Dubes Robert, orang Amerika sangat menyukai madu yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat kue kering. “Terima kasih, saya yakin madu Sumbawa paling enak dari semua madu,” ucapnya yang diamini Stephanie M Stallings—Asistennya. “Saya dan keluarga sangat suka madu Sumbawa,” timpal wanita cantik bermata biru ini. (*)  Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda