UTS Jadi ‘Komandan’ UI Walk di Jakarta

oleh -5 views
bankntb

Jakarta, SR (25/08)

Dr Arif dan Dr Anom Briefing Mahasiswa UI
Dr Arif dan Dr Anom Briefing Mahasiswa UI

Membanggakan, sudah pasti. Inilah yang dirasakan mahasiswa Fakultas Bioteknologi Universitas Tekhnologi Sumbawa (FTB UTS). Setelah sukses melakukan penelitian atau eksperimen untuk membuktikan jalan kaki dapat meningkatkan kreatifitas di kalangan mahasiswa di Kabupaten Sumbawa, kini kegiatan sebagai hasil kerjasama UTS dan Stanford University Amerika ini juga dilakukan terhadap mahasiswa Biologi Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Minggu (24/8). Bahkan mahasiswa UTS menjadi panitia dalam kegiatan yang melibatkan sedikitnya 50 mahasiswa UI tersebut. UI Walk yang dilaksanakan ini bagian dari rangkaian kegiatan presentasi mahasiswa Biotech UTS yang tergabung dalam Sumbawa Gen dalam memenuhi undangan resmi Kedubes Amerika Serikat di Jakarta. Rencananya presentasi yang digelar Selasa (26/8) besok ini dalam rangka persiapan mengikuti kompetisi dunia mewakili Sumbawa dan Indonesia, yaitu iGEM (International Genetically Engineered Machined) ke-10 di MIT Boston, Amerika Serikat, akhir Oktober 2014 mendatang.

amdal
Mahasiswa UI dipandu Mahasiswa UTS
Mahasiswa UI dipandu Mahasiswa UTS

Dekan Fakultas Bioteknologi UTS, Dr Arief Budi Witarto, M.Eng yang ditemui di Jakarta, mengatakan, UI Walk yang dikemas dalam kegiatan “Walk Thus Am Creativity” ini bagian dari riset juga untuk membangun jalinan silaturrahim antara mahasiswa UTS dan UI. Dari silaturrahim ini nantinya diharapkan dapat berkembang lebih jauh dalam bentuk kerjasama antar dua lembaga terutama di bidang pendidikan, penelitian atau riset yang saling menguntungkan.

Terkait dengan UI Walk, Doktor Arief—akrab ilmuwan muda sederhana ini disapa, bagian dari kerjasama UTS dengan Stanford University Amerika Serikat. Kerjasama tersebut salah satunya melakukan penelitian atau eksperimen untuk membuktikan jalan kaki dapat meningkatkan kreatifitas. Karena hasil penelitian yang tengah dilakukan Stanford University AS menunjukkan bahwa jalan kaki dapat meningkatkan kreativitas sampai 80 persen. “Ini sudah kami lakukan di kalangan UTS, kami ingin mencoba hal yang sama di kalangan mahasiswa UI yang hasilnya akan menjadi bahan perbandingan apakah kreativitas mahasiswa UTS lebih meningkat dengan mahasiswa UI, atau sebaliknya,” ucapnya.

Baca Juga  Deputi Gubernur Senior BI Kagumi UTS
Mahasiswa Bioteknologi UTS pose di depan Prodi Magister Ilmu Kelautan UI
Mahasiswa Bioteknologi UTS pose di depan Prodi Magister Ilmu Kelautan UI

Untuk UTS sendiri, penelitian tersebut dinilai banyak manfaat. Salah satunya untuk membangun kreativitas mahasiswa UTS terutama yang akan mengikuti kompetisi dunia mewakili Sumbawa dan Indonesia, yaitu iGEM (International Genetically Engineered Machined) ke-10 di MIT Boston, Amerika Serikat. “Kompetisi ini menonjolkan kreativitas, sehingga sangat pas dengan tujuan dari penelitian ini,” ujarnya. Manfaat lainnya, tambah Doktor Arief, akan terbuka jalan bagi UTS untuk membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri sehingga sangat menguntungkan bagi kemajuan UTS maupun mahasiswanya di masa mendatang.

Sementara Doktor Anom—Dosen Genetika UI menyambut positif kegiatan yang digagas UTS. Ia menilai kegiatan ini akan membawa manfaat yang lebih besar ke depan bagi dua institusi pendidikan yakni UI dan UTS. “Ini kegiatan positif yang patut kami dukung,” demikian Doktor Anom—sapaan karib kolega Doktor Arief ini disapa. (*)

iklan bapenda