Jamban Keluarga untuk Warga Tatebal dan Ledang

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/08)

Rapat Jamban
Rapat Jamban

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa menggelar sosialisasi dan sekaligus menyerahkan petunjuk tekhnis pelaksanaan Program Peningkatan Kualitas Lingkungan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau dikenal dengan sebutan program Jamban Keluarga di Desa Tatebal dan Desa Ledang Kecamatan Lenangguar, Selasa (19/8).

amdal

Kabid SDA dan TTG BPM-PD Kabupaten Sumbawa, Ir Ni Wayan Rusmawati M.Si, menyebutkan, kegiatan ini implikasi dari program Unicef yang berlangsung beberapa tahun lalu, dalam bentuk pemberian bantuan stimulan kepada masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga.  “Dengan bantuan stimulan ini kami harap masyarakat dapat membangun jamban sendiri,” katanya.

Program tersebut menggunakan anggaran sebesar R 1 juta bersumber dari APBD Kabupaten Sumbawa 2014, yang dialokasikan bagi 120 penerima bantuan. Dan bantuan itu hanya dialokasikan di desa yang sebelumnya mendapat program air bersih bantuan Unicef meliputi 4 desa yakni Desa Lito Kecamatan Moyo Hulu sebanyak 30 orang, Desa Semamung 30 orang, Desa Ledang 30 orang dan Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar 30 orang. Dana ini langsung diterima dan dikelola kelompok masyarakat penerima program melalui rekening kelompok dan dikerjakan secara swadaya.

Sementara BPM-PD sebagai lediang sektor, hanya akan membantu menfasilitasi masyarakat dan melakukan pembinaan kepada masyarakat agar dapat menggunakan dana yang ada dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana.

Terkait dengan pelaksanaan program ini, BPMPD  telah berkoordinasi dengan kecamatan dan desa agar pelaksanaannya diawasi sehingga bantuan yang diberikan tidak sia-sia. “Kami sudah menunjuk seorang fasilitator yang selalu mendampingi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan dan administrasi serta pelaporan,” jelasnya.

Baca Juga  Polres Sumbawa Inisiasi Apel Siaga Penanggulangan Bencana

Wayan mengingatkan masyarakat bahwa bantuan tersebut hanya diberikan satu kali, tidak ada kesempatan kedua, karenanya dimanfaatkan dengan baik. Lebih jauh diungkapkan, salah satu tujuan dari Program Peningkatan Kualitas Lingkungan Sanitasi Berbasis Masyarakat, antara lain terciptanya prilaku hidup bersih dan sehat di Kabupaten Sumbawa, mengurangi angka Buang Air Besar Sembarangan (BABS0) dan terciptanya kesejahteraan masyarakat dan melestarikan semangat gotong royong. Melalui program tersebut diharapkan kedepan desa-desa yang mendapatkan program akan menjadi desa model yakni desa yang bebesa Basno (Buang Air Besar Sembarang Nol).

Sekdes Tatebal, M Jabar memberikan apresiasi kepada Bupati Sumbawa atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Tatebal sehingga untuk membangun jamban sendiri.

Dia juga berpesan kepada masyarakat penerima program agar dapat melaksanakan program dengan baik, karena keberhasilan program pada tahun ini akan berimplikasi terhadap bantuan program tahun-tahun mendatang.

Ditambahkan Kepala Desa Ledang Irwansyah SPd, program itu sangat membantu masyarakat, karena itu harus terus berlanjut. Dari hasil evaluasi saat dilaksanakan program Air Bersih Bantuan Unicef di Desa Ledang, cukup banyak masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga. Dengan bantuan stimulan ini, masyarakat akan termotivasi membangun jamban sendiri. “Insya Allah, kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan baik, dan kami harap ada keberlanjutan program ini di masa mendatang,” demikian Irwansyah. (*) Baca juga di Gaung NTB

Baca Juga  RSUD Sumbawa Kembali Diverifikasi Tim KARS

 

iklan bapenda