Moratorium Saudi Arabia Dibuka, Disnakertrans Khawatir

oleh -2 views

Sumbawa Besar, SR (18/08)

anak TKI yang disantuni BNI
anak TKI yang disantuni BNI

Kabar gembira bagi CTKI yang ingin kembali bekerja di Saudi Arabia. Moratorium yang diberlakukan sejak Tahun 2010 lalu, akan dibuka pada Tahun 2014 ini.

Meski belum ada keterangan resmi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), dibukanya moratorium ini membuat khawatir Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, mengingat peristiwa kelam yang menimpa TKI asal Indonesia. “Memang ada rencana moratorium Saudi Arabia dibuka lagi tahun ini, tapi surat resminya dari Kemenakertrans belum ada,” ungkap Kabid Penempatan dan Perluasan Lapangan Kerja Disnakertrans setempat, Nurhikmah S.Pt.

Harusnya moratorium pemberangkatan TKI ke Negara Arab Saudi tetap diberlakukan pemerintah, karena perlindungan pemerintah terhadap TKI di negara tersebut masih lemah. Buktinya, ketika TKI dihadapkan dengan sebuah masalah, tim advokasi pemerintah selalu saja kalah. Kalaupun tetap dibuka lanjutnya, sebaiknya hanya untuk jalur formal.

Diakui Nurhikmah, moratorium sepihak yang diberlakukan pemerintah selama ini terkesan percuma. Jika moratorium tidak berlaku di kedua negara, maka permintaan pengiriman TKI tetap mengalir. Peluang ini tentunya bisa dimanfaatkan dengan mudah oleh para pengirim TKI ilegal. “Kalau mau moratorium seharusnya di kedua negara. Jangan di Indonesia moratorium sementara di negara timur tengah tetap menerima permintaan pengiriman TKI,” tukasnya.  (*) Baca juga di Gaung NTB

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  20 Siswa Tak Mampu di SMKN 3 Sumbawa Dapat Beasiswa

No More Posts Available.

No more pages to load.