Wings Air Layani Rute Sumbawa—Mataram Pagi dan Sore

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (16/8)

Wings Air mendarat 1Aktivitas Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa Besar akan bergeliat. Sebab Jumat (15/8) hari ini, Wings Air mulai beroperasi di Sumbawa sekaligus melakukan penerbangan perdananya dari Mataram—Sumbawa. Sebelum memutuskan beroperasi, maskapai tersebut telah melakukan pengkajian selama dua bulan dan menilai Sumbawa layak dijadikan rute baru mengingat kekayaan potensi daerah ini yang luar biasa. “Pesawat Wings Air akan mendarat di Sumbawa besok (hari ini, Red) pukul 17.10,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sumbawa, H Burhan SH MH yang dihubungi tadi malam.

Rencananya penerbangan Wings Air akan dilakukan setiap hari, dan dapat melayani semua rute. Hal ini dilakukan karena melihat penumpang yang menggunakan transportasi udara cukup potensial. Hasil survey maskapai itu, sekitar 400 orang per hari bepergian menggunakan pesawat dari Sumbawa, sehingga perusahaan penerbangan ini menilai 10 persen dari jumlah itu sudah mampu memenuhi kapasitas 70 penumpang. “Sekarang saja tiket-tiket sudah mulai terjual, dan sudah mencapai 40 persen, yang artinya sebagian masyarakat Sumbawa sudah mengetahui beroperasinya Wings Air,” kata Haji Burhan.

Geliatnya penerbangan di Kabupaten Sumbawa, ungkap Haji Burhan, tentu sangat berpengaruh pada pembangunan, mengingat transportasi merupakan jantung perekonomian. Secara tidak langsung lancarnya transportasi terutama penerbangan, investasi akan berkembang pesat, karena salah satu factor yang akan mendukung majunya pariwisata di daerah ini.

Baca Juga  Gubernur Dorong Seniman NTB Bersinergi Lahirkan Karya Besar

Untuk itu keberadaan penerbangan ini harus dipertahankan sehingga kasus sebelumnya yakni hengkangnya maskapai dari Sumbawa, tidak terulang kembali. “Kami akan berupaya meningkatkan arus penumpang dengan menggelar event-even berskala regional maupun nasional, bahkan internasional,” ujarnya seraya menambahkan upaya ini selain memperlancar arus transportasi, juga meningkatkan roda perekonomian di Sumbawa.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori M.SE mengaku telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut beroperasinya Wings Air. Apalagi jadwal penerbangan maskapai ini sangat pas karena berangkat dari Sumbawa pagi dan kembali ke Sumbawa pada sore hari. Penerbangan ini diakui Ansori, memudahkan aktivitas pegawai pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat karena terhubung ke daerah manapun. Dalam mendukung eksisnya penerbangan, Bupati telah menginstruksikan Dinas Perhubungan untuk menjaga jadwal penerbangan ini, serta menggiatkan sosialisasi agar masyarakat menggunakan transportasi udara.

Disinggung mengenai pemberian subsidi, Ansori menyatakan tidak ada komitmen itu, namun pemerintah berjanji akan menjaga eksistensi maskapai itu untuk tetap beroperasi di Sumbawa, salah satunya memenuhi standar minimal 80 persen kuota penumpang. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda