Menristek Bangga Atas Capaian Mahasiswa UTS

oleh -0 views
bankntb

Siap Kirim Dosen dan Gelontorkan Beasiswa

Sumbawa Besar, SR (13/08)

UTS Mesristek 1Pemenang Ajang Kreativitas Mahasiswa (AKM) Fakultas Tekhnik (FT) Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) disambut hangat Menteri Riset dan Tekhnologi (Menristek) RI, Prof DR Gusti Muhammad Hatta di kantornya, Selasa (12/8). Keenam mahasiswa yang didampingi Wakil Rektor I UTS, Ismail S.Si, M.Sc ini adalah Iftitah, Putri Indah Kencana, Akbar Sukman Pradipta, Egy Subrata, dan Tri Ahmad Firdaus–kelimanya dari jurusan Metalurgi, dan Nora Dery Sofya dari jurusan Informatika UTS.

Menristek RI, Prof DR Gusti Muhammad Hatta dalam kesempatan itu mengaku bangga atas berbagai capaian dari mahasiswa yang menjadi bagian penting bagi kehadiran UTS di Sumbawa, lembaga pendidikan yang pernah dikunjunginya.

Ia memberikan beberapa pesan penting kepada para mahasiswa FT UTS. Pesan pertamanya, meminta mahasiswa untuk tidak pernah merasa minder. “Jangan karena kuliah di daerah terus merasa minder. UTS sudah membuktikan bahwa universitas yang bagus bisa kita bangun di daerah,” katanya.

Pesan kedua, Menristek berharap mahasiswa UTS harus fokus pada ilmu yang digeluti. “Jangan gampang pindah-pindah bagian karena omongan atau godaan orang lain,” katanya mengingatkan.

Pesan selanjutnya, Menristek menekankan mahasiswa UTS memelihara nilai kejujuran dan kesederhanaan, serta pandai bersyukur, tidak gampang merasa besar dan jumawa.

“Mari bekerja keras, jangan malu menapaki kehidupan di jalan yang keras,” ujarnya.

Baca Juga  Gelar Dialog, Pemuda Sumbawa Kecam Hoax Jelang Pilpres

Profesor Hatta—akrab Menristek disapa mencontohkan dirinya yang semasa kecil menjadi tukang parkir dan penjual koran di Banjarmasin. Dengan kerja keras dan sabar, membuatnya selamat dan sukses dalam karier dan kehidupan.

Di akhir acara, Menristek meminta Deputi Pemberdayaan Iptek, Prof Freddy Zen segera menindaklanjuti MoU dengan UTS yang ditandatangani beberapa waktu lalu. Dengan MoU ini mulai semester depan, Kementerian Ristek akan mengirim dosen-dosennya ke UTS. Selain itu memberikan beasiswa kepada dosen-dosen UTS untuk melanjutkan studinya.

“Kami merasa sangat gembira bertemu dengan pejabat Negara yang ramah, sederhana dan bersahaja itu. Insya Allah, pesan beliau akan kami ingat dan laksanakan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang,” ucap Iftitah, diamini rekan mahasiswa lainnya.

Untuk diketahui, sebelum diterima dan berdialog dengan Menristek, para mahasiswa beruntung ini berkesempatan mengunjungi berbagai pusat inovasi dan tekhnologi di Jakarta seperti LIPI, BATAN, UI, Kemenristek, BPPT dan bertemu tokoh-tokoh terkemuka di bidang tekhnologi, termasuk berdialog dan berdiskusi dengan tokoh-tokoh bisnis bidang tekhnologi. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda