Ical, Kepsek Berprestasi Tingkat Nasional

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/08)

fahrizal Ical 1Bukan hanya siswa di SMA Negeri 1 Sumbawa, saja yang mampu berprestasi hingga ke tingkat nasional. Kepala sekolahnya pun seolah tak mau kalah. Terpilih mewakili NTB, dalam lomba Kepala Sekolah Berprestasi tingkat nasional yang akan berlangsung dari tanggal 12—19 Agustus di Jakarta, menjadi bukti sahih.

amdal

Ditemui belum lama ini, Kepala SMA 1 Sumbawa, Fahrizal S.Pd M.Pd, mengatakan sebelum terpilih mewakili NTB di pentas nasional, Ia telah mengikuti seleksi tingkat provinsi di Mataram, yang diikuti seluruh kepala sekolah di NTB, yang berlangsung dari tanggal 23—25 Juni lalu.

Di seleksi tingkat provinsi ini Ical—sapaan akrabnya, keluar sebagai juara pertama untuk kategori Kepala Sekolah Berprestasi jenjang SMA dan berhak menjadi duta NTB di nasional.

Bes practice atau materi yang dipresentasikannya dalam seleksi tingkat provinsi ini berjudul Penerapan Manajemen Partisipatif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA 1 Sumbawa.

Seleksi kepala sekolah berpretsasi ini diakui Ical, bukan yang pertama kali diikutinya. Tahun 2007, Ia juga pernah mengikutinya. Saat itu, Ical, yang masih menjadi Kepala SMA 1 Lape, hanya mampu mewakili Kabupaten Sumbawa sampai tingkat provinsi saja.

Untuk seleksi tingkat nasional, Ical, menegaskan judul best practice yang akan dipresentasikannya masih sama, namun ada beberapa perbaikan agar lebih sempurna. Best practice ini ditulisnya sendiri berdasarkan pengalamannya selama memimpin SMA 1 Sumbawa.

Baca Juga  Dua Mahasiswa UTS Menimba Ilmu di Tiga Negara

Dalam best practicenya ini Ical, memaparkan bahwa untuk memunculkan prestasi siswa harus dilakukan bersama-sama yang tentunya mesti diawali dengan membangun komitmen bersama diantara seluruh warga sekolah.

Setelah komitmen ini terbangun sambungnya, kepala sekolah juga harus memberikan kepercayaan kepada guru dan pegawai sesuai kompetensinya maisng-masing. Selain itu, dalam membuat suatu keputusan dilakukan bersama-sama dan pikir baik buruknya agar mereka juga bisa ikut bertanggungjawab. “Hasilnya bisa kita lihat bersama, prestasi siswa akhirnya bermunculan dan yang paling penting kondusifitas lingkungan sekolah jauh lebih baik. Inilah beberapa garis besar best practice yang akan saya paparpakn nanti,” ujarnya.

Selama diberikan kepercayaan memimpin SMA 1 Sumbawa lanjut Ical, metode yang tertuang dalam best practicenya akan terus diterapkannya sambil terus mencari inovasi baru dan tak lupa juga mengajak warga sekolah untuk membenahi kekurangan yang masih ada.

Menyinggung persiapan menghadapi lomba tingkat nasional nanti, Ical, menambahkan 18 kontingen yang mewakili NTB sudah diberikan pembinaan dari provinsi dan Ia sudah siap memberikan yang terbaik bagi siswa.

Tekatnya untuk memberikan yang terbaik bagi siswa ini, sekaligus untuk memberikan contoh bahwa apapun situasi dan kondisi yang sedang dihadapi, prestasi harus tetap dijaga. (*) Dapat juga Baca di Gaung NTB

iklan bapenda