Diperkirakan Tes CPNS 2014 Digelar September

oleh -3 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/08)

Syarifah S.Sos, Kabid Administrasi Umum Kepegawaian BKPP Sbw
Syarifah S.Sos, Kabid Administrasi Umum Kepegawaian BKPP Sbw

Tes seleksi CPNS jalur umum tahun ini jadwalnya belum ditentukan. Namun, sebelum tes itu digelar ada baiknya calon peserta mengetahui apa saja bentuk soal seleksi CPNS tersebut.

amdal

Disebutkan Kabid Administrasi Umum Kepegawaian Badan Kepegawaian Pendiidkan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Syarifah S.Sos M.Si, materi soal yang diujikan adalah tes kompetensi dasar CPNS pengetahuan umum meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta hukum.

Selain itu kata Ipok—sapaan akrabnya, ada juga tentang bakat skolastik meliputi kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif dan kemampuan penalaran, sementara skala kematangan meliputi kemampuan beradabtasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas dan inisiatif. “Silakan calon peserta memperbanyak referensi melalui internet dan buku yang mungkin bisa membantu pengisian soal dalam tes nanti,” sarannya.

Sejauh ini Ipok mengaku belum mengetahui secara pasti kapan pelaksanaan tes CPNS Tahun 2014 ini. Pemda hanya diminta mempersiapkan sarana prasana pendukung bagi pelaksanaan tes. Namun demikian ada kemungkinan tes digelar Bulan September mendatang. “Lamarannya nanti dikirim melalui kantor Pos,” imbuhnya.

Pendaftaran untuk mengikuti tes dilakukan secara online dan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).Bagi peserta yang sudah mendaftar di instansi tidak bisa lagi mendaftar. “Peserta hanya boleh mendaftar di satu instansi saja, tapi boleh mendaftar lebih dari satu jabatan sesuai kualifikasi pendidikan,” pungkasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  Program Desa Bebas Rentenir Dilaunching, Luncurkan KRABAT