Cegah Komplin, Penyidik Reskrim Rakernis

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (13/08)

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM
Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM

Puluhan penyidik Reserse dan Kriminal (Reskrim) yang berada di lingkup Polres Sumbawa termasuk Polsek dituntut untuk bersikap dan bertindak professional dalam menangani sejumlah perkara pidana yang menjadi tupoksinya. Karenanya untuk meningkatkan kapasitas tersebut, seluruh jajaran Reskrim mengikuti kegiatan Rapat Kerja Tekhnis (Rakernis) yang dipusatkan di Rupatama Polres Sumbawa, Selasa (12/8).

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang ditemui di ruang kerjanya, mengatakan peningkatan profesionalisme personelnya di setiap fungsi terutama fungsi Reskrim perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan anggota dalam penegakan hukum. “Setiap personel harus memiliki kemampuan yang bagus, sehingga tidak ada penyimpangan administrasi dan kesalahan prosedur dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan,” kata Kapolres.

Potensi kerawanan bisa muncul jika penanganan laporan yang tidak tuntas. Dan tidak tuntasnya perkara ini salah satu dapat disebabkan kurang mampunya personil, sehingga masyarakat merasa tidak puas dan kecewa lalu melakukan tindakan main hakim sendiri dan mengganggu keamanan serta ketertiban secara umum. “Rakernis ini kami gelar agar semua laporan masyarakat bisa diselesaikan dengan tuntas,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Kapolres, pihaknya telah bekerja maksimal dalam menangani perkara yang dilaporkan masyarakat. Meski demikian dalam penanganannya kerapkali menemui kendala, mengingat banyaknya perkara di tengah keterbatasan jumlah personil. Namun selama ini penanganan laporan masyarakat berjalan dengan baik. Ia berharap melalui kegiatan Rakernis ini para penyidiknya lebih percaya diri dan semakin professional dalam melayani kepentingan masyarakat. (*) Baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda
Baca Juga  TP4D Cek Pembangunan Gedung Kejaksaan, DPMPTSP dan Diskoperindag