60 Mahasiswa UTS Digembleng Jadi Seorang Pemimpin

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/08)

leadershi academy 2Badan Perencanaan Strategis dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSPSDM) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) menggelar Leadership Academy–pembekalan kepemimpinan bagi mahasiswa.

amdal

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus UTS selama 2 hari (8-9 Agustus) ini diikuti sebanyak 60 mahasiswa. Dipimpin Kepala BPSPSDM, M. Nur Jihadi M.Si, puluhan mahasiswa dari semua fakultas di UTS tersebut diajarkan tentang kepemimpinan yang nantinya mereka akan dipersiapkan menjadi calon-calon pemimpin bagi sejumlah lembaga kampus. Untuk mengawalinya mereka diberikan amanah menjadi panitia pelaksana Ospek bagi mahasiswa baru Tahun Ajaran 2014. Sebagai calon pemimpin, 60 mahasiswa harus digembleng pemateri-pemateri handal.

Pada hari pertama diawali Muhammad Nurjihadi M.Si, mengupas tentang tentang pemuda dalam perspektif Islam, pemuda Islam dahulu, kini, dan nanti, serta pemuda sebagai agen perubahan.

Kemudian Ahmad Refi, SP berbicara tentang konsep pendidikan ala Rasulullah SAW yang menerangkan tentang tujuan pendidikan Rasulullah dan pentingnya menerapkan konsep pendidikan tersebut di masa kini.

Dan diakhiri dengan materi tentang Basic Life Skill yang disampaikan Muhammad Syabli MA yang memaparkan tentang Future life mapping, menciptakan kebiasaan-kebiasaan positif dan manajemen diri.

Sementara di hari kedua, Kiki Yulianto, S.TP, M.P yang berbicara tentang “how to be a good leader”, memaparkan mulai dari seni dan prinsip dasar kepemimpinan, karakter seorang pemimpin, berfikir dan bersikap sebagai seorang pemimpin, hingga tentang memimpin dan dipimpin, memposisikan diri dengan bijak. Dilanjutkan dengan materi tentang Manajemen Konflik yang disampaikan Sri Andriani MM yang membicarakan seni mengelola konflik, dan pentingnya kemampuan menciptakan dan mengontrol konflik.

Baca Juga  Siswa SMAN 1 Sumbawa Juara 1 Nasional Bidang Matematika Sains dan Teknologi

leadership academy 3Di sesi berikutnya panitia menghadirkan Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si yang memberi materi tentang Public Speaking Skill. Dalam paparannya Sambirang memaparkan urgensi komunikasi massa, teknis dan seni berbicara di hadapan publik, hingga memahami psikologi audience dan mempengaruhi audience dengan intonasi yang berkarakter. Sebagai pemateri pamungkas, Abdul Hadi Hilman SE MPP, membicarakan tentang Analisis Swot yang meliputi pengertian dan konsep dasar, maupun teknis melakukan analisis swot.

Kegiatan pertama kali bagi BPSPSDM UTS ini diharapkan mampu melahirkan calon pemimpin bagi lembaga-lembaga mahasiswa yang nantinya akan terbentuk sebagai naungan bagi kreativitas dan keahlian mahasiswa. Ke depan, kegiatan serupa akan terus dilakukan sebagai upaya pembentukan jiwa kepemimpinan dan pengkaderisasian calon-calon pemimpin masa depan.

“Setahun berdiri, UTS telah kaya kreativitas dan prestasi, torehan ini membutuhkan orang-orang yang akan menjadi pelaksana, pengelola, dan pemimpin dalam lembaga-lembaga yang akan menjadi wadah atau media tempat mahasiswa berkreasi dan berprestasi” pungkas Jihad, sapaan kepala BPSPSDM UTS. (*)

 

iklan bapenda