UTS dan Stanford University Amerika Kerjasama Penelitian

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/08)

UTS jalan sehat 2Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) terus membuka akses dengan sejumlah lembaga baik di dalam maupun di luar negeri. Kali ini UTS menjain kerjasama dengan Stanford University Amerika Serikat. Kerjasama tersebut salah satunya melakukan penelitian atau eksperimen untuk membuktikan jalan kaki dapat meningkatkan kreatifitas. Dalam penelitian ini UTS melibatkan sedikitnya 50 mahasiswanya yakni gabungan mahasiswa Biotech dan Psikologi, yang dikemas dalam kegiatan “Walk Thus Am Creativity”. Dalam kegiatan yang digelar Senin (11/8) ini, para mahasiswa berjalan kaki dari Taman Mangga Kantor Bupati Sumbawa, menuju Taman Bugis, dan diteruskan ke Masjid Agung Nurul Huda.

amdal
Dr Arief Budi Witarto, M.Eng
Dr Arief Budi Witarto, M.Eng

Dekan Fakultas Bioteknologi UTS, Dr Arief Budi Witarto, M.Eng yang ditemui di lokasi, mengaku sangat tertarik dengan penelitian yang tengah dilakukan Stanford University AS. Penelitian itu menunjukkan bahwa jalan kaki dapat meningkatkan kreativitas sampai 80 persen. “Kita pun ingin memanfaatkan sekaligus membuktikan hasil penelitian itu, yang kemudian dijalin dalam bentuk kerjasama dua institusi pendidikan ini,” kata Doktor Arief—akrab ilmuwan muda low profil ini.

Penelitian tersebut dinilai banyak manfaat. Sebab akhir Oktober 2014 mendatang, mahasiswa Biotech UTS yang tergabung dalam Sumbawa Gen akan mengikuti kompetisi dunia mewakili Sumbawa dan Indonesia, yaitu iGEM (International Genetically Engineered Machined) ke-10 di MIT Boston, Amerika Serikat. Karena ini kompetisi yang menonjolkan kreativitas, sehingga sangat pas dengan tujuan dari penelitian tersebut. Terlebih lagi UTS akan mendapatkan satu sponsor dari luar negeri yaitu Stanford University yang akan menyupervisi penelitian ini. Untuk diketahui pemerintah di luar negeri terutama di Amerika Serikat sangat mendukung aktivitas jalan kaki ini karena dinilai dapat meningkatkan kesehatan. Salah satu bentuk dukungannya, adalah membangun sarana jalan kaki berupa trotoar yang representative, dan tempat-tempat berolahraga seperti Gymnasium yang kreatif dan murah. Jika hasil penelitian ini sangat positif lanjut Doktor Arief, akan menjadi rekomendasi UTS kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan kreatifitas masyarakatnya.

Baca Juga  Institut Ilmu Sosial Seni dan Budaya Hadir di Sumbawa
Sausan Nafisah S.Si
Sausan Nafisah S.Si

Ditambahkan Sausan Nafisah S.Si—salah satu Dosen Biotech UTS, dalam penelitian itu mahasiswa UTS yang dibagi dua kelompok akan berjalan kaki sesuai dengan panjang jarak yang ditempuh. Hal ini dilakukan untuk membuktikan apakah jarak yang ditempuh akan mempengaruhi kreativitas, atau semakin lama berjalan apakah kreativitas semakin berpengaruh atau tidak. “Untuk melakukan penelitian ini kami melibatkan Fakultas Psikologi tentunya dengan riset yang diadaptasi dari Stanford Amerika,” tandasnya. (*) Baca juga di Gaung NTB 

iklan bapenda