Mahasiswa UTS Dilirik Kedutaan Amerika di Jakarta

oleh -0 views
UTS yang Asri
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/08)

Dr Arief Budi Witarto M.Eng
Dr Arief Budi Witarto M.Eng

Kiprah mahasiswa Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) yang terus berprestasi menjadi salah satu ketertarikan pemerintah Amerika Serikat. Melalui duta besarnya, para mahasiswa UTS terutama Fakultas Biotekhnologi diundang ke Jakarta. Di kedutaan ini perwakilan mahasiswa tersebut akan mempresentasekan tentang UTS. Bahkan dalam kesempatan itu, akan hadir para menteri Negara yang pernah berkunjung ke UTS.

amdal

Dekan Fakultas Bioteknologi UTS, Dr Arief Budi Witarto, M.Eng mengakui mahasiswanya mendapat kesempatan tersebut karena kedutaan Amerika di Jakarta ingin mengetahui secara umum tentang kegiatan termasuk progress pencapaian pendidikan di UTS. Hal ini seiring dengan banyaknya bantuan pendidikan, penelitian dan kerjasama dari pemerintah Amerika untuk Indonesia. Dan selama ini pemerintah Amerika banyak menggelontorkan bantuan pendidikan untuk mahasiswa di Pulau Jawa, namun untuk Indonesia bagian timur belum pernah dilakukan. “Ini pembuka jalan, dengan mengetahui secara langsung, mereka (Dubes Amerika) akan lebih percaya. Peluang inilah yang coba kita raih,” pungkasnya.UTS mahasiswa 2

Seperti diberitakan, di tahun kedua UTS beberapa prestasi membanggakan telah dipersembahkan bagi Kabupaten Sumbawa dan NTB. Di awal pendiriannya, dua mahasiswa Biotechnology  mendesain robot biologi, yaitu robot bakteri yang mampu merubah bau sampah menjadi bau buah-buahan. Masih dari Prodi yang sama, satu mahasiswa lolos final National Maritime Essay Competition. Tidak hanya itu mahasiswa Prodi Biotechnology terpilih magang di Nasional Institute for Material Sience, sebuah lembaga terbaik di Jepang. Mahasiswa UTS ini terpilih bersama mahasiswa S2 Universitas Indonesia (UI). Demikian dengan dua mahasiswa dari prodi yang sama juga terpilih sebagai Duta Mahasiswa Berencana (Genre) dan mewakili NTB ke tingkat nasional sekaligus menjadi yang pertamakalinya bagi Sumbawa terpilih sebagai Duta Genre. Meski calon ilmuwan, bukan berarti mahasiswa UTS tidak berprestasi di bidang lain. Seperti yang ditunjukkan mahasiswa Fakultas Ekonomi UTS yang mewakili NTB ke tingkat nasional dalam Kejuaraan Taekwondo dan menjadi juara pada Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) NTB. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Komplotan Bocah Pencuri Motor Dicokok Polisi