Pasang CCTV Pantau Seleksi CPNS 2014

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (06/08)

Drs H Hasan Basri, Kepala KBPP Sumbawa
Drs H Hasan Basri, Kepala KBPP Sumbawa

Panitia tes CPNS jalur umum yang akan digelar tahun ini bakal memasang 4 unit CCTV, saat pelaksanaan tes seleksi berlangsung. Keempat unit CCTV yang sudah dianggarkan melalui APBD Perubahan itu, selain dipasang di ruang tes juga dipasang di ruang tunggu peserta tes.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Drs H Hasan Basri, mengatakan pemasangan CCTV ini dilakukan agar tidak ada peserta yang bekerjasama dalam mengisi soal jawaban yang disajikan melalui server, meski kemungkinan ini sangat kecil mengingat soal yang diberikan tidak sama.

Selain itu sambung Haji Bas—sapaan akrabnya, hadirnya CCTV ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui apakah pelaksanaan tes seleksi CPNS jalur umum ini berjalan sesuai standar yang sudah ditentukan. “Selain CCTV, panitia juga akan menyiapkan komputer, monitor dan server untuk kelengkapan pelaksanaan tes seleksi. Semuanya sudah kami anggarkan melalui ABPD-Perubahan 2014. Tes seleksi CPNS jalur umum tahun ini semuanya dipusatkan di SMKN 1 Sumbawa,” ujarnya.

Karena lokasi pelaksanaan tes hanya satu dan berharap berjalan tertib, selama tes berlangsung panitia hanya membatasi 50 peserta untuk sekali tes dan harus tuntas pada hari itu juga.

Disinggung kapan pelaksanaan tes ini digelar mantan Kadis Diknas Kabupaten Sumbawa itu, mengaku belum mengetahuinya. Namun, Ia memprediksikan tes seleksi tersebut dilaksanakan antara Agustus atau September.

Baca Juga  BPN-Kejaksaan Perbaharui MoU Bidang DATUN

Pihaknya sudah membuat rincian dari 56 formasi yang diterima Pemda Kabupaten Sumbawa dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Dari formasi itu, terbagi untuk tenaga guru 19 orang, tenaga kesehatan 17 dan tenaga tekhnis lainnya 20 orang. “Rincian formasi ini sudah kami sampaikan dan tinggal menunggu persetujuan Menpan saja. Kami yakin ini akan disetujui karena rincian formasi ini berdasarkan analisa kebutuhan pegawai,” tandasnya.

Sekedar diketahui untuk rincian formasi dalam tes seleksi CPNS tahun ini, diharuskan mengalokasikan 5 persen dari jumlah seluruh formasi untuk semua jurusan. Artinya dari 56 formasi ini ada 3 formasi yang wajib dialokasikan untuk jabatan yang bisa dilamar oleh semua jurusan. “Untuk Kabupaten Sumbawa kita sudah siapkan formasi yang dapat dilamar oleh semua jurusan yakni tenaga Auditor sebanyak 2 orang dan tenaga perencana 1 orang,” pungkasnya. (*) baca juga di Gaung NTB

iklan bapenda