Mulus, Explore Flight Garuda di Bandara Sultan Kaharuddin

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/07)

Flight GarudaPesawat Garuda ATR 72-600 mendarat mulus di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa Besar, Rabu (23/7). Penerbangan khusus (Explore Flight) rute Jakarta–Surabaya–Sumbawa Besar (PP) yang pertama kali ini mengangkut rombongan Garuda di antaranya Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, beserta jajaran manajemennya.

amdal

Penerbangan khusus tersebut sebagai bagian dari rencana Garuda Indonesia yang akan melayani rute ke Sumbawa pada September 2014 menggunakan pesawat ATR 72–600 yang berkapasitas 70 penumpang kelas ekonomi. Penerbangan khusus ini juga untuk menjajaki potensi Nusa Tenggara Barat khususnya berbagai wilayah “Remote” di wilayah Indonesia Timur yang memiliki potensi ekonomi dan wisata.

Mengingat Sumbawa Besar memiliki potensi pariwisata dan perkebunan yang cukup besar, dengan jumlah penduduk sekitar 558.761 jiwa serta dengan pertumbuhan ekonomi 7 persen, dipastikan daerah ini akan berkembang pesat dengan pertumbuhan investasi yang terus meningkat. “Dengan adanya layanan penerbangan Garuda Indonesia nantinya diharapkan dapat meningkatkan arus wisatawan dan pebisnis menuju Sumbawa Besar,” kata Dirut Garuda Indonesia, Emirsyah Satar saat memberikan sambutannya.

Sementara itu, Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyambut positif rencana pembukaan rute tersebut. Pengoperasian rute tersebut nantinya tentu saja dapat meningkatkan konektivitas kota–kota dalam wilayah ini dengan wilayah lainnya di Indonesia. Dengan masuknya Garuda ke Sumbawa Besar, maka pengembangan wilayah ini akan semakin cepat khususnya pengembangan “Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011–2025, Koridor Bali dan Nusa Tenggara.

Baca Juga  Jalan Ngali-Labu Kuris Putus, Sejumlah Siswa Batal Sekolah

Sub–brand “Explore” dan Explore Jet” yang mulai diperkenalkan Garuda Indonesia sejak 25 November 2013 lalu, sejalan dengan upaya Garuda untuk terus mengembangkan dan memperkuat jaringan penerbangannya di pasar domestik khususnya ke wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan tujuan wisata remote area di Indonesia. Saat ini Garuda Indonesia mengoperasikan sebanyak 6 pesawat ATR 72–600 yang digunakan untuk melayani rute penerbangan dari Denpasar, Surabaya dan Makassar ke sejumlah kota di sekitarnya.

Untuk mendukung rencana pengembangan jaringan perusahaan, pada Tahun 2014 Garuda Indonesia mendatangkan 27 armada baru terdiri dari 2 pesawat Boeing 777–300 arcraft, 4 pesawat Airbus A330, 12 Pesawat Boeing 737 – 800NG, 3 Pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen, dan 6 Pesawat ATR 72 – 600. Saat ini Garuda Indonesia Group mengoperasikan 140 pesawat, antara lain terdiri dari Boeing 777–300ER, Airbus A330–200/300, Boeing 737– 800NG, Bombardier CRJ1000 NexGen, dan ATR 72–600 dengan usia rata–rata pesawat 5 tahun.

Sebelumnya Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, menyatakan bahwa kondisi penerbangan di daerah ini memprihatinkan sehingga berdampak pada pertumbuhan investasi dalam mengelola potensi yang ada. Karenanya keberadaan Garuda menjadi salah satu pemicu dan pemacu pemerintah daerah dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat. “Selama ini kami dibuai janji oleh beberapa maskapai tapi sejauh ini belum ada yang terealisasi, dan kami harap penerbangan Garuda saat ini bukan yang pertama sekaligus yang terakhir,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda