DI: Soto Sumbawa Potensi Wisata Kuliner

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (24/07)

Bupati Sumbawa memberikan cinderamata kepada Menteri BUMN
Bupati Sumbawa memberikan cinderamata kepada Menteri BUMN

Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyatakan bahwa Soto Samawa menjadi kuliner yang dapat mendukung perkembangan pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Sebab soto tersebut dinilai Dahlan yang mengaku sudah beberapa mencicipinya, merupakan menu yang terenak di seluruh Indonesia. “Saya saja tidak akan ke Sumbawa, jika Bupati tidak menyediakan kepala kambing, karena sepanjang hidup saya soto inilah yang paling enak,” kata CEO Jawa Pos Group ini.

amdal

Dahlan mengaku setiap ke Sumbawa dia harus dapat makan kepala kambing. Bahkan satu kepala kambing habis dilahapnya seorang diri. “Saking enaknya,” aku Dahlan.

Bahkan dalam bulan puasa, Ia telah memesan secara khusus dapat membawa Soto Samawa ke Surabaya sebagai menu santap buka puasa.

Untuk diketahui, kata Dahlan Iskan, penerbangan perdana ke Sumbawa menggunakan Pesawat Garuda membawa serta 15 orang warga Surabaya. Belasan orang ini datang ke Sumbawa hanya ingin makan kepala kambing. Dahlan mengenang saat dia masih menjadi pengusaha dan belum masuk ke birokrasi pemerintahan. Saat itu dia bersama pengusaha lainnya carter pesawat ke Kuala Lumpur, dan Bangkok hanya untuk makan durian, dan sempat mampir di Batam hanya untuk makan martabak. Dan sudah banyak orang di luar Sumbawa yang merasakan Soto Samawa. Suatu saat jika penerbangan Garuda lancar, mereka akan menjadi penumpang masa depan yang datang ke Sumbawa hanya untuk mencicipi Soto Samawa.

Baca Juga  JPS Gemilang Tahap II Siap Didistribusikan, Tercatat 12 Ribu KK Penerima

Sementara Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik menyambut tantangan Dahlan Iskan. JM—sapaan akrab Bupati menyatakan sudah menyiapkan kepala kambing khusus untuk Menteri BUMN tersebut. “Berhubung puasa, kami sudah menyiapkan soto kepala kambing sebagai oleh-oleh Pak Dahlan untuk berbuka puasa saat landing di Surabaya,” ujar JM. (*)

iklan bapenda