Dahlan Iskan dan Doktor Zul, Dua Figur Berjasa

oleh -0 views
bankntb

Garuda Beroperasi September 2014

Sumbawa Besar, SR (24/07)

amdal

Flight Garuda 2Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menyatakan maskapainya akan mulai beroperasi untuk rute Sumbawa—Mataram—Surabaya, September 2014 mendatang. Pembukaan rute ke Sumbawa ini diakui Emir—akrab pejabat ini disapa, berkat desakan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dr H Zulkieflimansyah M.Sc yang secara intensif terus melakukan komunikasi dengan dirinya. “Dua figur ini benar-benar sangat memperhatikan Sumbawa dan ingin melihat daerah ini lebih maju dan sejajar dengan daerah lainnya,” kata Emir yang datang ke Sumbawa didampingi Komisaris Garuda, Betty Alisjahbana dan Dirut Pelayanan, Erik Meijer.

Memang Garuda telah merencanakan akan membuka rute ke berbagai wilayah “Remote” di wilayah Indonesia Timur yang memiliki potensi ekonomi dan wisata. Sumbawa termasuk di dalamnya setelah diingatkan oleh Dahlan Iskan dan Doktor Zul. Bahkan dengan desakan dua tokoh ini pembukaan rute ke Sumbawa yang direncanakan Tahun 2015, akhirnya dimajukan pada tahun ini juga.

Dalam rentang waktu yang tersisa ini, Emir mengaku pihaknya harus mengurus ijin pembukaan rute baru ke Kementerian Perhubungan dan administrasi lainnya. Karenanya Ia berharap Dahlan Iskan dan Doktor Zul dapat membantu mempercepat pengurusannya. Untuk rute di Sumbawa ini Garuda akan terbangkan pesawat jenis ATR 72-600, yang umurnya belum genap satu bulan, artinya masih sangat baru.

Baca Juga  Polsek Plampang Salurkan Beras 350 Kg dari Polri Peduli Covid

Siap Jual Sumbawa

Di bagian lain Emirsyah Satar menyatakan komitmennya untuk mempromosikan Sumbawa hingga ke dunia internasional. Dia melihat potensi luar biasa yang dimiliki Sumbawa terutama pariwisata dan sumber daya alamnya. “Kami inginkan bukan hanya mengconect Sumbawa ini ke daerah-daerah di Indonesia saja, tapi ke seluruh belahan dunia,” cetusnya.

Saat ini Garuda telah menjalin kerjasama dengan 20 perusahaan Airlines. Melalui jaringan ini akan digunakannya untuk mendukung perkembangan pariwisata di Sumbawa. “Di sini ada Pulau Moyo yang resortnya sangat eksotik, dan eksklusif, bahkan bentangan pantainya di sejumlah titik sangat indah,” ucapnya.

Ia berharap keberadaan Garuda di Sumbawa akan membantu dalam mempercepat perkembangan dan kemajuan daerah. Karenanya Emir meminta Bupati dapat menjadi marketing director, yang bisa menjual Garuda, di samping berupaya untuk menambah luas runway bandara agar dapat didarati pesawat Garuda berkapasitas besar jenis ATR 737-800.

Sementara Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengaku bersalah dengan pemerintah dan masyarakat Sumbawa karena tidak segera mengganti maskapai ketika Merpati menghentikan penerbangannya di Bandara Sultan Kaharuddin. Karenanya menjadi beban bagi dirinya untuk membayar kesalahan itu dengan menghubungi direksi Garuda Indonesia untuk segera membuka rute di Sumbawa Besar. “Saya sadari betapa sengsaranya masyarakat Sumbawa tanpa adanya penerbangan,” selorohnya.

Ia memahami untuk sementara ini Garuda melayani Lombok-Sumbawa, dan dilanjutkan Lombok—Surabaya. Dia berharap ke depan agar penerbangan dapat langsung ke Surabaya mengingat ekonomi Sumbawa dan Surabaya itu saling terkait.

Baca Juga  Siap Dilaksanakan Tahun ini, Program PTSL dan Redis Tol Disosialisasikan

Mengenai ijin pembukaan rute Garuda di Menhub, Dahlan berjanji akan membantu. Dia mengaku dalam seminggu tiga kali menghubungi Menhub EE Mangindaan agar ijin tersebut segera diproses.

Senada dengan Dirut Garuda, Dahlan Iskan juga meminta Bupati Sumbawa berjuang untuk memperpanjang runway Bandara Sultan Kaharuddin sehingga Garuda dapat menerbangkan pesawat yang lebih hebat lagi ke Sumbawa. (*)

iklan bapenda