Sumbawa Dijatahkan 56 CPNS

oleh -1 views
bankntb

Seleksi CPNS 2014 Belum Terjadwal

Sumbawa Besar, SR (23/07)

amdal
Drs H Hasan Basri, Kepala KBPP Sumbawa
Drs H Hasan Basri, Kepala KBPP Sumbawa

Kabupaten Sumbawa telah dipastikan menggelar seleksi CPNS jalur umum pada Tahun 2014 ini. Bahkan pemerintah pusat telah menjatahkan Sumbawa untuk mendapat 56 orang PNS.  Namun sampai saat jadwal seleksi tersebut belum ditetapkan. Hal ini diakui Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa,  Drs H Hasan Basri yang dikonfirmasi, Senin (21/7). Meski demikian ungkap Haji Bas—akrab pejabat ini disapa, pihaknya sudah menyusun formasi kebutuhan daerah sesuai dengan jatah yang diberikan dan telah disampaikan ke BKN untuk mendapat persetujuan. Formasi tersebut meliputi tenaga guru, tenaga medis atau kesehatan, tenaga teknis, tenaga penyuluh dan tenaga administrasi lainnya. “Mengenai jumlah tenaga yang dibutuhkan pada masing-masing formasi belum dapat dibuka, karena masih ada kemungkinan berubah,” katanya.

Untuk diketahui kata Haji Bas yang didampingi Kabid Administrasi Umum Kepegawaian, Syarifah S.Sos M.Si, sebelumnya Kabupaten Sumbawa mengusulkan kebutuhan pegawai ke BKN sebanyak 850 orang dari berbagai bidang, namun yang setujui hanya 56 orang.

sistem Computer Asisted Test (CAT)
sistem Computer Asisted Test (CAT)

Mengenai mekanisme test CPNS jalur umum ini di antaranya menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) atau seleksi menggunakan komputer. “Seleksi ini akan berlangsung secara online dan serempak di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Demikian dengan surat lamaran harus dilakukan melalui sistem komputerisasi. Lamaran disampaikan secara online dengan men-Scan dokumen yang diperlukan dan dikirim ke alamat yang dituju. Dan lamaran ini hanya dapat disampaikan untuk satu instansi dan pada daerah tertentu. Satu instansi dapat melamar lebih dari satu formasi yang membutuhkan kualifikasi pendidikan yang sama.

Baca Juga  Bang Zul dan Bunda Niken Dinobatkan Sebagai Ayah dan Bunda Genre NTB

Sementara untuk pemeriksaan hasil test, menurut H Bas, berlangsung secara otomatis, karena setelah tes berlangsung. “Para peserta dapat mengetahui langsung hasil testnya pada saat itu juga,” ujarnya.

Sementara untuk peserta yang lulus CPNS lanjutnya, akan menggunakan sistem rangking, yakni dengan mengambil peserta yang nilainya tertinggi pada masing-masing formasi sesuai kebutuhan. Sedangkan lokasi test direncanakan menggunakan Laboratorium Komputer SMKN 1 Sumbawa. Dari seluruh peserta yang akan mengikuti tes dialokasikan dalam 5 sesi setiap hari, masing-masing sesi akan diikuti 50 orang.

Dengan tes menggunakan sistem CAT ini akan lebih praktis, cepat, mudah dan transparan, karena tidak lagi membutuhkan pengawas ruangan, tidak perlu lagi menunggu hasil pemeriksaan jawaban, karena begitu tes selesai hasilnya langsung diperoleh.

Mengenal Sistem CAT

Sistem CAT ini nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara on-line, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS/CASN tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana.

Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta test CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal test tersebut. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes CPNS 2013 tersebut.

Baca Juga  Cegah Banjir, BPBD NTB Minta Evaluasi Izin Alih Fungsi Hutan

Pelaksanaan tes ujian CPNS akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan CPNS di lembaganya maupun di kementeriannya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari 3 bagian yaitu : 1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945,  Tata Negara, Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerahh, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan dan Wawasan Umum.

Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) berisi materi soal yang berkaitan dengan;  kemampuan verbal, yang terdiri atas : Tes Sinonim (persamaan kata), Tes Antonim (lawan kata):,  Tes Padanan hubungan kata, dan Tes Pengelompokan kata.

Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan), Tes Seri angka, Tes Seri huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita.
selanjutnya Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian yaitu Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita.

Untuk Tes Karakter Pribadi (TKP) berisi materi soal yang berkaitan dengan; Tes Integritas diri, Tes Semangat berprestasi, Tes Kreatifitas dan inovasi, Tes Orientasi pada pelayanan, Tes Orientasi kepada orang lain, Tes Kemampuan beradaptasi, Tes Kemampuan mengendalikan diri, Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, Tes Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. (*)

iklan bapenda