Selamat Datang Garuda Indonesia di Tana Samawa

oleh -11 views
bankntb

Bawa Pulang  Soto Samawa

Sumbawa Besar, SR (22/07)

amdal
Rachman Ansori M.SE, Kabag Humas Setda Sumbawa
Rachman Ansori M.SE, Kabag Humas Setda Sumbawa

Pemerintah Kabupaten Sumbawa sudah siap menyambut kedatangan rombongan “Explore Flight” Garuda Indonesia yang melakukan penerbangan perdana di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa, Rabu (23/7). Berada dalam rombongan ini di antaranya Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Dirut Garuda Emirsyah Satar, dan Wakil Ketua Komisi XI Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc. Persiapan penyambutan ini ditandai dengan pemasangan baliho raksasa di Jembatan Brang Biji—beberapa meter dari Bandara Sultan Kaharuddin, spanduk di beberapa tempat, dan penataan Wisma Daerah sebagai tempat penyambutan.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rachman Ansori M.SE yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/7), menyatakan persiapan penyambutan sudah fix termasuk beberapa kendaraan yang akan mengangkut rombongan menteri, dan manajemen Garuda Indonesia. Saat tiba di Bandara Sultan Kaharuddin, rombongan akan disambut Tarian Nguri—tarian penyambutan untuk para tamu. Selanjutnya rombongan akan diterima Bupati Sumbawa di Wisma Daerah. Rombongan akan berada di Sumbawa selama beberapa jam, dan Pemda sudah menyiapkan Soto Samawa yang memang sangat digemari pejabat Negara terutama Dahlan Iskan yang sudah pernah mencicipinya. Soto tersebut akan dijadikan menu buka puasa rombongan di Jakarta setelah bertolak dari Sumbawa.

Terkait ujicoba penerbangan Garuda Indonesia ini, Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik sangat berharap dapat beroperasi dalam waktu dekat untuk menggeliatkan aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Kaharuddin. Bupati menilai hal itu sangat vital terutama dalam menunjang kegiatan Festival Moyo, MTQ tingkat Propinsi, dan Hari Pangan se-dunia tingkat Propinsi, yang ketiga kegiatan itu akan dipusatkan di Kabupaten Sumbawa. Selain itu aktivitas penerbangan itu juga akan mendukung sector-sektor lainnya, terlebih lagi menyongsong Tahun 2015 yang menjadikan Sumbawa sebagai daerah transit wisata, dan berharap ke depan menjadi daerah tujuan wisata.

Baca Juga  PJTKI Minta Jaminan Uang, 3 CPMI Asal Sumbawa Tertahan di Penampungan

Seperti diberitakan sebelumnya, Maskapai Garuda Indonesia Airlines memastikan akan mendaratkan pesawatnya secara perdana di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa Besar, Rabu, 23 Juli besok. Kegiatan Explore Flight ini dilakukan sehubungan dengan program pengembangan jaringan penerbangan yang dilaksanakan khususnya ke berbagai wilayah “remote” di Indonesia yang memiliki potensi ekonomi dan pariwisata. Karenanya Garuda Indonesia sedang mengevaluasi untuk membuka rute penerbangan baru ke Kabupaten Sumbawa mulai akhir Agustus 2014. Penerbangan yang menggunakan pesawat terbaru Garuda jenis Turboprops ATR 72-600 (Explore) ini sebagai upaya pengenalan dan penjajakan rute baru.

Garuda Indonesia akan melaksanakan kegiatan “Explore Flight” rute Surabaya—Sumbawa—Surabaya. Menurut jadwal, “Explore Flight” mulai star dari Cengkareng Rabu (23/7) pukul 07.40 WIB dan tiba di Surabaya pukul 09.55 WIB, lalu melanjutkan perjalanan dan tiba di Bandara Sultan Kaharuddin Sumbawa sekitar pukul 12.55 Wita. Rombongan Garuda yang mengenakan pakaian batik/tenun ini akan berada di Bandara Sultan Kaharuddin selama satu jam lebih 10 menit atau hingga pukul 14.00 Wita. Dalam rentang waktu ini rombongan akan disambut Bupati Sumbawa dan jajaran pemerintah daerah setempat yang sekaligus memberikan sambutan selamat datang. Dalam kesempatan itu Direksi Garuda Indonesia dan Menteri BUMN memberikan sambutan singkatnya yang diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. (*)

iklan bapenda