BNI Berbagi Sembako Murah untuk Keluarga TKI

oleh -0 views
anak TKI yang disantuni BNI
bankntb

Siapkan Beasiswa untuk 46 Siswa

Sumbawa Besar, SR (18/07)

Rahmad Hidayat
Rahmad Hidayat

Pasar Murah Rezeki Ramadhan 1435 H bagi keluarga TKI yang digelar BNI Cabang Sumbawa, Kamis (17/7) berlangsung semarak. Kegiatan yang dikemas dalam “Sembako Murah Berbagi Bersama TKI” ini dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya seperti pemberian beasiswa terhadap 46 pelajar yang merupakan anak-anak para TKI, dan pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbawa. Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Rahmad Hidayat—perwakilan BNI pusat, Kadisnakertrans Sumbawa, Tri Karyati S.Sos, Camat Sumbawa Mulyadi S.Sos, dan Ketua IDI Sumbawa dr Putu S Purnama.

Wakil Pemimpin Divisi Internasional Kantor BNI Pusat, Rahmad Hidayat dalam sambutannya, menyampaikan bahwa program Sembako Murah Berbagi Bersama TKI ini telah dilaksanakan sejak Tahun 2010 dan di Kabupaten Sumbawa adalah yang pertamakali dari 19 kabupaten/kota di Indonesia pada Tahun 2014 ini.

Dalam pasar murah rezeki ramadhan 1435 H di Sumbawa tersebut, BNI menyediakan 500 paket sembako murah untuk TKI dan keluarganya. Rencananya kegiatan serupa akan digelar di Larantuka NTT pada Desember mendatang, dalam rangka menyambut Perayaan Natal.  TKI BNI 2

Untuk diketahui, ungkap Rahmad Hidayat, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi BNI terhadap TKI. Dan BNI melalui Divisi Internasional akan terus memberikan kemudahan bagi TKI untuk mengirim uang bagi keluarganya di dalam negeri, salah satunya dengan mengembangkan produk layanan remittance dan membuka lebih dari 16.000 outlet (agen BNI). Sehingga pengiriman uang dari TKI tidak hanya dapat diambil di kantor cabang BNI, tapi juga Kantor Pos Indonesia, BPR, Alfa Mart dan Pegadaian. “Kerjasama dengan pihak ini kami dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengambil uang kiriman TKI dari luar negeri,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa yang diwakili Kadisnakertrans Tri Karyati S.Sos, menyambut positif pelaksanaan pasar murah BNI bagi keluarga TKI. Meski tidak terlalu besar tapi pasar murah ini telah membantu meringankan beban hidup masyarakat terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan pasar murah ini memiliki nilai yang dilihat dari beberapa dimensi. Yaitu dimensi agama, bahwa kegiatan pasar murah ini bentuk ibadah social yang memiliki nilai ibadah di sisi Allah SWT. Kemudian dimensi ekonomi, yaitu mampu meringankan beban hidup keluarga TKI. Dan dimensi social, sebagai bentuk perasaan senasib sepenanggungan dan wujud kongkrit semangt kebersamaan dan kegotong-royongan yang selama ini telah terbangun dan terpelihara sangat baik di dalam masyarakat Tana Samawa. “Saya berharap semangat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi antara satu dengan lainnya ini dapat terus kita perkuat sesuai dengan prinsip senap semu nyaman nyawe,” pintanya.TKI BNI 3

Baca Juga  Pengusaha Muda Sukses Tantang Alumni UNSA Hijrah ke Bandung

Yeyet—akrab pejabat ini disapa, juga berharap kepedulian BNI terhadap TKI dan keluarganya melalui pasar murah sembako dan pemberian beasiswa kepada anak TKI kiranya data ditingkatkan lebih banyak lagi di masa mendatang, mengingat jasa yang diberikan TKI untuk bangsa dan Negara ini sangat tinggi.

Karenanya pemerintah daerah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pihak-pihak yang memiliki perhatian dan andil yang besar khususnya BNI kepada masyarakat Tana Samawa yang kurang beruntung. Sebab hal itu sedikit meringankan beban daerah yang menjadi tanggung jawab pemerintah mengingat upaya selama ini paling sulit dilakukan adalah masalah kemiskinan dan tenaga kerja yang setiap tahun jumlahnya terus bertambah, sementara peluang dan kesempatan kerja sangat terbatas.

Ditemui terpisah, Pimpinan BNI Cabang Sumbawa, Syafrudin Zuhri, mengatakan, program sembako murah berbagi bersama TKI ini merupakan bagian dari BNI Berbagi untuk meraih keberkahan Ramadhan. Hal ini salah satu kepedulian BNI sebagai Bank BUMN untuk ikut meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sektor area kerjanya sebagai bentuk kesadaran bahwa BNI besar dan berkembang karena masyarakat. Dengan semakin besarnya BNI, maka keuntungan dari sisi bisnis akan semakin meningkat yang kemudian sebagian dari keuntungan inilah dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk program dan bantuan.

Sebelumnya di Bulan Ramadhan 1435 H, BNI Cabang Sumbawa telah menyalurkan bantuan sarana ibadah kepada Ponpes Al Mizan Kecamatan Lopok, serta bantuan bahan bangunan sembako, dan Al Qu’ran kepada Ponpes Gunung Galesa Kecamatan Moyo Hilir. Selain itu BNI juga meyantuni kaum dhuafa bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa. “Kami berharap program ini terus berkesinambungan, sehingga BNI semakin berkiprah dalam memberikan konstribusinya bagi peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah terutama di Kabupaten Sumbawa. Sesuai dengan Visi BNI yakni meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas, maupun motto BNI yakni “bersama membangun negeri,” pungkasnya.

Baca Juga  Bantuan Mensos untuk Korban Gempa Sumbawa Hanya 1,57 Milyar

Acara Pasar Murah BNI yang dilaksanakan di Rumah Dinas Pimpinan BNI Jalan Diponegoro ini semakin meriah. Di samping menyediakan paket murah untuk keluarga TKI, panitia juga menyediakan doorprize dengan hadiah yang cukup menarik. Tak hanya itu ratusan keluarga TKI dibuat terpingkal-pingkal setelah BNI menyuguhkan drama singkat menceritakan pasangan suami istri (pasutri) yang menerima kiriman uang dari anaknya yang menjadi TKI di luar negeri. Pasutri yang lugu ini dengan mudah mencairkan uang kiriman itu, hanya dengan berbekal KTP dan nomor PIN dari resi pengiriman anaknya. Drama ini merupakan upaya BNI untuk mensosialisasikan cara cepat, tepat, mudah dan aman mengirim uang TKI melalui BNI. (*)

iklan bapenda