Siap Wujudkan Ketahanan Energi Nasional

oleh -7 views

UTS Gelar Seminar Energi Baru Terbarukan

Sumbawa Besar, SR (17/07)

DPRD

Fakultas Tekhnik Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS), Rabu (16/7) menggelar Seminar Nasional bertemakan “Energi Baru Terbarukan, Solusi Ketahanan Energi Nasional”. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa ini dihadiri oleh pembicara Prof Ir Mukhtasor M.Eng, PhD dari Dewan Energi Nasional, Titis Anggraeni Kusuma Wardani S.Si, MSc dari BPPT, dan Ir A Rahim Kepala Distamben Kabupaten Sumbawa.

Saat membuka kegiatan itu Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda Sumbawa Dr HM Ikhsan M.Pd, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan seminar ini. Ia berharap melalui seminar itu dapat memberikan konstribusi nyata bagi terwujudnya ketahanan energi nasional, yang pada akhirnya dapat memberikan andil pada upaya membangun daerah, bangsa dan negara.

Menurut Doktor Ikhsan, energi sangat penting bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan nasional, sehingga pengelolaan energi yang meliputi penyediaan, pemanfaatan, dan penguasahaannya harus dilaksanakan secara berkeadilan, berkelanjutan, rasional, optimal, dan terpadu.

Ketersediaan energi, akses kepada energi dan harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan lingkungan ungkap Doktor Ikhsan, merupakan kondisi yang harus terbangun dalam ketahanan energi. “Ketahanan energi dan kestabilan pasokan energi masa kini dan di masa mendatang merupakan suatu hal yang tidak bisa ditawar–tawar lagi,” tandasnya.

Karenanya, Dr Ikhsan menilai seminar tersebut menjadi kebutuhan penting untuk memberikan masukan dalam implementasi kebijakan energi nasional.  Seminar ini dapat menjadi wadah bagi semua stakeholder untuk mendiskusikan kebijakan energi nasional, sehingga baik regulator maupun para investor dapat berinteraksi untuk mendapatkan pemahaman yang seragam bagaimana membangun dan menata kebijakan energi nasional yang diinginkan oleh semua pihak. “Kami harap dari kegiatan seminar ini dapat memberikan saran dan rekomendasi kebijakan pembangunan energi nasional, sehingga dapat mengurangi ketergantungan yang berlebihan terhadap minyak bumi dengan memanfaatkan energi baru dan terbarukan di tengah meningkatnya penggunaan energi dan terbatasnya cadangan energi dunia,” tukasnya.

Baca Juga  Bupati Ajak ASN Tanamkan Tekad untuk Berikan Karya Terbaik

Sementara itu Dekan Fakultas Tekhnik Universitas Tekhnologi Sumbawa, Sari Noviana S.Si.,M.Si,  berharap seminar nasional ini dapat meningkatkan sumber daya energi dan menemukan sumber energi baru yang dimiliki Kabupaten Sumbawa.

Dia juga berharap kepada peserta yang masih berstatus mahasiswa, dapat  menjadi engineer– engineer muda yang dapat menghasilkan produk bermutu yang bermanfaat bagi pembangunan daerah Kabupaten Sumbawa. (*)

DPRD DPRD