Rendah Partisipasi Pemilih di Sumbawa

oleh -4 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (17/07)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag mengakui partisipasi pemilih pada Pilpres 2014 di daerah ini tidak memenuhi harapan. Pada pesta demokrasi memilih pemimpin bangsa untuk periode lima tahun ke depan, partisipasi masyarakat menurun hanya sekitar 74 persen yang menyalurkan hak politiknya. “Ini jauh dari harapan, padahal ditargetkan 80 persen masyarakat Kabupaten Sumbawa akan menyalurkan hak suaranya dalam pilpres ini,” ujar Syukri—akrab komisoner KPU ini disapa saat kegiatan rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten di Hotel Sernu Raya, Rabu (16/7).

amdal

Partisipasi masyarakat ini sangat jauh dari kondisi pemilu legislative yang lalu. Pada Pileg lalu partisipasi masyarakat mencapai lebih dari 80 persen sekaligus mengantarkan KPU Sumbawa bertengger pada peringkat kedua nasional terbaik dalam penyelenggaraan Pemilu.

Yang sangat disayangkan lagi, lanjut Syukri, pada Pilpres kali ini partisipasi pemilih di masing-masing kecamatan tidak ada yang mencapai angka 80 persen. Padahal PPK telah melakukan sosialisasi secara maksimal mendorong masyarakat menyalurkan hak pilihnya. Selain itu KPU secara khususnya telah menyiapkan hadiah bagi kecamatan yang mampu meraih angka partisipasi masyarakat mencapai 80 persen.

Kendati demikian, Syukri dan jajarannya menyatakan rasa syukur dan memberikan apresiasi kepada semua pihak karena pelaksanaan Pilpres berjalan aman dan lancar, berharap dapat terus terjaga sepanjang masa. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Dubes RI untuk Aljazair dan PWNU Jatim Bantu Korban Gempa NTB