Banyak Aset Diknas Tak Jelas Rimbanya

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (17/07)

Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa terus melakukan pendataan terhadap aset liar. Pasalnya masih banyak aset daerah yang masih belum jelas keberadaannya mulai sepeda motor dinas hingga inventaris lainnya di sejumlah sekolah yang jumlahnya masih belum jelas. “sebanyak 80 persen aset Dinas Diknas saat ini berada di sekolah-sekolah. Kami terus melakukan pendataan yang prosesnya butuh waktu yang cukup lama,” ungkap Kasubag Umum Dinas Diknas setempat, Muhammad Husnul Alwan, S.Ag.

Untuk diketahui, banyaknya aset daerah di lingkup Dinas Diknas yang tidak terdata disebabkan beberapa factor. Antara lain, pihak sekolah tidak berperan aktif dalam melaporkan inventarisnya, terutama bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat. Saat pelimpahan sejumlah kendaraan dinas dari tangan pengguna satu ke pengguna lainnya, tidak dilengkapi surat serah terima.

Untuk mempermudah pendataan ini kata Alwan, ke depan sekolah tidak hanya membuat Kartu Inventaris Sekolah (KIS), tapi juga Kartu Inventaris Ruangan (KIR). Dengan demikian semua inventaris yang berada di masing-masing ruangan terekam dalam KIR. “Semua sekolah sudah kami himbau untuk membuat Kartu Inventaris Ruangan (KIR),” ujarnya seraya menambahkan untuk pendataan bantuan dari pusat baru bisa dilakukan manakala sudah ada surat hibah dari pusat ke daerah. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  LLK Sumbawa Buka Pelatihan Operator Alat Berat dan AC