Insya Allah Garuda Mendarat di Sumbawa 23 Juli

oleh -3 views
bankntb

Ikut Serta Menteri BUMN dan Dirut Garuda

Sumbawa Besar, SR (12/07)

Dr H Zulkieflimansyah M.Sc, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI
Dr H Zulkieflimansyah M.Sc, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI

Maskapai Garuda Indonesia Airlines rupanya benar-benar akan menggeliatkan penerbangan di Kabupaten Sumbawa. Informasi terakhir menyebutkan Pesawat Garuda akan mendarat di Bandara Sultan Kaharuddin, dua minggu lagi. Keseriusan Garuda sudah terlihat dengan diterjunkannya Tim Survey terdiri dari jajaran Sales dan Marketing, Mei 2014 lalu, untuk menilai layak dan tidaknya Garuda membuka rute di daerah bermotto “Sabalong Samalewa” ini. Ada beberapa hal utama yang akan dilihat oleh tim survey sebelum akhirnya pihak perusahaan menentukan kebijakan apakah layak atau tidak membuka rute ke Sumbawa. Di antaranya dilihat dari sisi marketing yaitu jumlah penumpang. Selain itu, pihak perusahaan plat merah tersebut ingin melihat secara langsung kesiapan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin. Apabila semua berjalan dengan baik dan sesuai rencana, serta pembukaan rute ke Sumbawa memenuhi syarat, maka pihak Garuda rencananya menerbangkan ATR 72.

Dikonfirmasi kabar itu Wakil Ketua Komisi XI DR RI, Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc mengiyakannya. Hasil komunikasinya dengan Dirut Garuda Emirsyah Satar dan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, rencananya Garuda akan mendarat di Sumbawa 23 Juli mendatang. Doktor Zul—singkat putra daerah yang menjadi tokoh nasional ini disapa, mengaku akan ikut mendampingi Menteri BUMN dan Dirut Garuda menjadi penumpang pesawat tersebut yang langsung mendarat di Bandara Sultan Kaharuddin. “Insya Allah saya juga akan hadir mendampingi Dirut Garuda dan Menteri BUMN,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur NTB: Beri Senyum ke Wisatawan

Ia berharap kehadiran Garuda di penerbangan perdananya ke Sumbawa mendapat sambutan hangat dari pemerintah daerah, sehingga perusahaan tersebut merasa dibutuhkan. Doktor Zul yang juga Rektor Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) ini juga berharap dengan masuknya Garuda ke Sumbawa akan membuat daerah ini tambah maju dan berkembang.

Sebelumnya, Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Ahmad, S.Sos memastikan kapasitas bandara mampu didarati maskapai penerbangan nasional Garuda Airlines. Bahkan Ahmad memastikan semua fasilitas yang dimiliki bandara sangat memungkinkan. Dengan panjang landasan 1.650 meter itu sudah sangat layak untuk didarati pesawat sejeni s apa saja, selain type Boeing. “Secara fisik landasan maupun fasilitas pendukung lainnya kita sudah sangat siap. Kita bahkan telah memasang lampu bandara bila sewaktu-waktu ada pendaratan malam,” jelas Ahmad.

Demikian dengan Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik yang menilai kehadiran Garuda akan menjadi solusi bagi permasalahan penerbangan di daerah ini dan berharap maskapai tersebut dapat melayani dua kali dalam sehari. Pemerintah daerah kata JM—akrab bupati disapa, sangat mendukung masuknya Garuda. Sebab dengan lancarnya transportasi darat, laut dan udara, pasti berpengaruh pada proses pembangunan daerah termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Hal senada dikatakan Ketua DPRD Sumbawa, H Farhan Bulkiyah SP bahwa mobilisasi penerbangan menjadi kebutuhan masyarakat dan daerah ini. Karenanya tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak menyambut kedatangan tim survey Garuda Indonesia secara antusias. (*)

iklan bapenda