Tes CPNS Jalur Umum Digelar Agustus 2014

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (08/07)

Syarifah S.Sos M.Si, Kabid Administrasi Umum Kepegawaian BKPP Sumbawa
Syarifah S.Sos M.Si, Kabid Administrasi Umum Kepegawaian BKPP Sumbawa

Kabupaten Sumbawa dipastikan menggelar tes CPNS jalur umum pada Tahun 2014 ini, setelah tahun lalu mendapat ‘sanksi’ akibat postur APBD lebih besar belanja aparatur daripada belanja publik. Hal tersebut dibuktikan dengan telah diterimanya 56 dari 855 formasi yang diusulkan Pemda setempat ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

amdal

Kabid Administrasi Umum Kepegawaian Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, Syarifah S.Sos M.Si, mengakui tahun ini akan dilakukan lagi tes penerimaan CPNS melalui jalur umum. “Kita sudah dapat 56 formasi dari Kemenpan-RB untuk melaksanakan tes CPNS tahun ini,” ujarnya.

Namun dari formasi yang diterima ini terang Ipok—sapaan akrabnya, jabatan apa saja yang akan dites nantinya belum dirinci lebih lanjut karena masih menunggu persetujuan dari Kemenpan-RB. Yang pasti jabatan akan dibuka adalah untuk tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga tehnis lainnya. “Berapa masing-masing kuota jabatan dari formasi ini, kita tunggu lebih lanjut dari Kemenpan-RB,” tandasnya.

Untuk diketahui, mulai tahun ini tes CPNS jalur umum tidak lagi menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), seperti tahun-tahun sebelumnya. Tes seleksi kali memakai sistem Computer Asisten Test (CAT) dengan menggunakan sistem on line internal. “Sistem CAT ini diterapkan agar dalam pelaksanaan tes CPNS akuntabilitas dan transparansi tetap terjaga. Soal dalam tes nanti tidak ada yang sama. Insya Allah tes CPNS jalur umum ini dilaksanakan Bulan Agustus atau paling lambat awal September,” kata Ipok.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumbawa Salahkan Pemprov NTB

Mengenai lokasi pelaksanaan tes, Ipok menambahkan berdasarkan hasil survey hanya SMK Negeri 1 Sumbawa yang dinilai paling memenuhi syarat menggelar tes seleksi dengan sistem CAT ini. “Lokasi tes hanya satu saja yakni di SMK 1 Sumbawa,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda