Lagi, TKW Asal Sumbawa Meninggal Dunia

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/06)

Yanti Kusmianti, Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Dusun Ai Ampuk Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu, dikabarkan meninggal dunia di Arab Saudi. Ia meninggal secara tiba-tiba menjelang kepulangannya ke Sumbawa. Menurut informasi dari keluarga, wanita malang itu berencana pulang sebelum bulan puasa ini.

amdal

Salah satu anggota keluarganya, Jawariwah, mengaku menerima informasi meninggalnya korban dari salah seorang teman kos Yanti, belum lama ini. Menurut penuturan temannya mengaku warga Jawa itu melalui via telepon seluler, Yanti meninggal dunia saat hendak mencuci piring bekas makan siangnya. “Saat mau cuci piring, tiba-tiba dia jatuh dan tidak bisa bergerak. Setelah itu, Yanti langsung di bawa ke rumah sakit oleh temannya. Saat di rumah sakit, Yanti sudah tidak bisa begerak lagi. Katanya, tensi darah Yanti naik sampai 170,” tutur Jawariah meniru pengakuan teman Yanti.

Yanti menjadi TKW sekitar 13 tahun lalu. Ia bahkan dikabarkan telah menikah dengan laki-laki yang juga warga Sumbawa di Arab Saudi. Namun, sayangnya umur pernikahannya tidak langgeng. Yanti dikabarkan cerai dengan suaminya, sekitar setahun yang lalu.

Sementara Kabid Penempatan dan Perluasan Lapangan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, Nurhikmah SPt, mengaku belum mendapatkan laporan terkait hal itu. Jika benar Yanti tinggalnya di kos-kosan sambungnya, berarti yang bersangkutan sudah tidak memiliki majikan lagi dan dapat dikategorikan TKI Ilegal.

Baca Juga  Batu Guring Kembali Bergolak, Satu Kritis Tertebas Parang

Kendati demikian kata Nurhikmah, pihaknya tidak akan lepas tangan dan tetap mencari informasi lengkap terkait penyebab kematiannya. “Kami akan bersurat ke KBRI untuk mengetahui kejelasan informasi ini. Jika memang betul meninggal kita harap jenazahnya segera dipulangkan,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda