Ciptakan Pilpres Aman, Polisi Giatkan Razia

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/06)

AKBP Karsiman SIK MM
AKBP Karsiman SIK MM

Meski dalam suasana kondusif, namun pengamanan menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) di Kabupaten Sumbawa, tetap ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terhadap berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

amdal

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang dikonfirmasi kemarin, menyatakan keamanan dan kondusifitas wilayah menjadi hal yang utama. Tentunya pihaknya tak boleh lengah dengan kondisi yang ada saat ini. Kendati dalam suasana aman dan kondusif, Kapolres menyatakan, tetap meningkatkan kewaspadaan yang ditandai dengan tetap digelarnya patroli rutin setiap harinya. Selain itu Kapolda juga telah menginstruksikan diintensifkannya razia dengan sasaran mengantisipasi peredaran senjata api, senjata tajam dan bahan berbahaya lainnya. Ini dilakukan selain mengantisipasi dan memastikan tidak ada gangguan serta hal yang mengkhawatirkan, juga dalam rangka cipta kondisi menjelang Pemilu Presiden. “Razia ini bertujuan untuk mencegah masyarakat membawa barang-barang yang dapat membahayakan orang lain,” ucapnya.

Disinggung mengenai pengamanan Pilpres mendatang, Kapolres menyebutkan akan menyiapkan 770 personil. Jumlah ini merupakan gabungan anggota Polres Sumbawa yang dibackup personil Polda NTB. “Ada sekitar 420 orang anggota Polres Sumbawa, selebihnya BKO Polda NTB,” sebutnya, seraya menambahkan para personil ini akan melakukan pengamanan TPS dan sebagiannya disiagakan.

Untuk pengamanan TPS menggunakan tiga pola yakni aman, rawan I dan Rawan II. Apabila dikategorikan aman, pihaknya akan menempatkan satu personel untuk mengamankan dua TPS. kategori rawan I satu orang personel mengamankan satu TPS, dan rawan II, akan menempatkan dua orang personel untuk mengamankan satu TPS. “Kalau aman, tidak ada gejolak dan permasalahan di masyarakat maupun lingkungan sekitarnya. Sedangkan kategori rawan, selain persoalan manusianya secara umum, juga rawan kondisi alamnya,” jelasnya.

Baca Juga  Berkas Lengkap, Biok ke Kejaksaan

Sejauh ini kondisi Kabupaten Sumbawa masih kondusif. Dan untuk memantapkan persiapan Pilpres agar berlangsung sukses, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan KPU, Panwaslu dan masing-masing parpol pengusung Capres dan Cawapres.

Demikian dengan masyarakat dihimbau untuk bersama menciptakan kondusifitas dengan bertindak sesuai aturan, berdemokrasi yang baik dan tidak terprovokasi. Masyarakat juga diminta untuk tidak melanggar hukum, baik pelanggaran tindak pidana pemilu maupun tindak pidana yang lainnya. “Kami ingin mengajak bahwa sukses Pilpres ini adalah tanggung jawab bersama,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda