MTQ ke-28 Tingkat Kabupaten Sumbawa Digelar

oleh -4 views
bankntb

Juara Propinsi Hadiah Umroh, Nasional Hadiah Haji

Sumbawa Besar, SR (21/06)

amdal

MTQ Sumbawa 1Mushabaqa Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Maronge Kecamatan Maronge, dibuka secara resmi Bupati Sumbawa, Jum’at (19/6). Hal ini ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam laporannya, Camat Maronge Abdul Rais SH, menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan sejak 19 hingga 26 Juni 2014, diikuti 586 peserta dari 24 kecamatan.

Cabang dipertandingkan adalah Cabang Musbaqah Tilawatil Quran, Hipzil Quran, Tafsir Quran, Fahmil Quran, Syarhir Quran, Khotil Quran dan Musabaqah Kitabah Madmun Quran (MKIQ).

Kegiatan ini sebagai upaya pembinaan melalui seni baca Al-Quran, di samping memilih peserta terbaik dari masing-masing cabang untuk diikutkan lomba serupa di jenjang yang lebih tinggi.

MTQ tersebut dilaksanakan di 6 lokasi wilayah Kecamatan Maronge, yaitu Lapangan Umum Desa Maronge untuk Cabang Tilawah, Masjdi Al-Amanah untuk Cabang Hifsil Quran, SDN 2 Maronge untuk Fahmil Quran, Masjid Baiturrahman Simu untuk Syarhiil Quran, SMPN 1 Maronge untuk Cabang Khotil Quran dan SMAN 1 Maronge untuk Cabang MKIQ.

Sementara itu Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada camat dan seluruh masyarakat Kecamatan Maronge yang telah bersedia menjadi penyelenggara MTQ 2014 ini. “Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan penuh hikmat, tanpa keikhlasan dan kerja keras, tanpa kebersamaan seluruh masyarakat,” katanya.

Baca Juga  Pembukaan STQ Batu Lanteh Berlangsung Meriah

Ia berharap melalui kegiatan MTQ ini, umat Islam berkonstribusi dan berpartisipasi dalam pembangunan umat, meningkatkan kualitas keberagamaan dan kebersamaan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. “Semoga semangat kebersamaan, dan semangat gotong-royong yang sudah terjaga dan terpelihara ini dapat menjadi semangat bagi kita semua, untuk memberikan yang terbaik bagi peningkatan derajat keimanan kepada Allah SWT,” ucapnya.

Pada kesempatan itu JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa, menyampaikan apresiasi kepada para camat, se Kabupaten Sumbawa, para kafilah, pelatih dan peserta yang telah berpartisipasi bagi suksesnya kegiatan MTQ tersebut.

MTQ yang diselenggarakan ini tidak hanya menjadi kegiatan rutin setiap tahun, tapi juga mewujudkan kerinduan masyarakat akan lantunan ayat suci Al Quran bukan saja terdengar di masjid, tapi di sudut kampung, di tengah masyarakat dan di seluruh daerah ini.

“MTQ ini juga akan menjadi motivasi besar, pemecut bagi kita agar Al Quran tidak sekedar pandai dibaca, namun dipahami agar implementatif dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Hadiah Haji dan Umroh

Di bagian lain JM menjanjikan hadiah umroh bagi yang terbaik di tingkat provinsi khusus pada Cabang Tilawatil Quran, dengan memberikan Umrah, demikian dengan juara di tingkat nasional 1 tiket untuk ibadah haji. (*)

iklan bapenda