Banyak Pemilih Ganda di DPT Pilpres 2014

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/06)

Mahyuddin Soud, S.Pd, Ketua Panwaslu Sumbawa
Mahyuddin Soud, S.Pd, Ketua Panwaslu Sumbawa

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumbawa, Mahyuddin Soud S.Pd mengaku pihaknya masih menemukan menemukan pemilih ganda dan pemilih yang belum terakomodir pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2014 ini. Hasil pantauan dan pengawasan Panwascam dan PPL di lapangan, cukup banyak ditemukan nama pemilih ganda dalam DPT yang sudah ditetapkan KPU Sumbawa. Ia mengakui untuk mengetahui pemilih ganda ada beberapa kecamatan yang dijadikan sampel. Di antaranya Kecamatan Utan, Rhee, Moyo Utara, Lape, dan Labangka. Untuk Kecamatan Utan saja, sebut Mahyuddin, ditemukan sekitar 64 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), tapi masih terdaftar dalam DPT.

amdal

TMS ini bisa berarti ganda, pemilih yang telah meninggal dunia, cacat mental dan TNI/Polri. Terkait pemilih ganda, pihaknya sudah merekomendasikan kepada KPU Sumbawa untuk menghapusnya dan pemilih yang belum masuk DPT agar diakomodir guna menjamin tersalurnya hak politik masyarakat dalam Pilpres. “Seperti kasus dua orang pemilih di Rhee yang terdaftar di DPSHP, justru tidak terakomodir DPT,” ungkapnya.

Di bagian lain, Mahyuddin didampingi anggotanya saat ditemui di Polres Sumbawa, Jumat (20/6) menilai proses Pilpres di Sumbawa yang saat ini memasuki tahapan kampanye, berlangsung aman. Ia menghimbau masyarakat agar suasana kondusif ini tetap terjaga.

Sementara Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat S.Ag mengaku sedang menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu. Saat pihaknya sedang melakukan sterilisasi daftar pemilih yang ditemukan ganda, tidak memenuhi syarat, baik dari hasil temuan internal KPU maupun temuan Panwaslu. Meski DPT sudah ditetapkan, kata Syukri, namun masih terbuka peluang bagaimana menghadirkan data pemilih yang valid. Untuk diketahui jumlah pemilih di Kabupaten Sumbawa yang terdaftar dalam DPT Pilpres mencapai 331.025 yang terdiri dari laki 162.554 dan perempuan 168.471, yang tersebar di 933 TPS. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Peduli Petani dan Peternak, Koster Tegaskan akan Berantas Praktik Tengkulak