PPDB Dimulai 23—25 Juni

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (13/06)

Sudirman Malik, S.Pd
Sudirman Malik, S.Pd

Tidak seperti tahun sebelumnya, Tahun Pelajaran 2014/2015 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) digelar serentak.

amdal

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sudirman Malik SPd mengatakan, PPDB tahun ini mulai dari Pendidikan dasar (Dikdas) hingga Pendidikan Menengah (Dikmen) dilaksanakan selama tiga hari, 23—25 Juni mendatang.

Diseragamkannya penerimaan peserta didik baru ini terang Dirman Malik—sapaan akrabnya, karena berdasarkan evaluasi masih terdapat beberapa kekurangan dalam proses pelaksanaannya. “Penyeragaman PPBD ini selain untuk mempermudah analisis juga dimaksudkan agar kita lebih cepat mengetahui mana sekolah yang masih kekurangan murid baru atau yang sudah lebih,” ujarnya.

Untuk diketahui seleksi dalam PPDB ini dilaksanakan 26—27 Juni, sementara hasil seleksi diumumkan 28 Juni.

Selama proses PPDB berlangsung, Dirman Malik didampingi Kabid Dikmen Dinas Diknas, M Ali HK SPd MPd, berharap sekolah tetap mengacu pada ketentuan yang sudah diatur, karena Dinas Diknas menginginkan sekolah swasta sebagai mitra sekolah negeri ikut berkembang dengan baik. “Aturan PPDB tahun ini akan kita tempel semuanya di sekolah, agar masyarakat tahu prosedur yang ada,” tegasnya.

Penyebaran calon siswa baru tahun ini diprediksikan merata baik untuk sekolah negeri maupun swasta. Acuannya dari 6766 siswa tamatan SMP/MTs tahun ini, 5678 diantaranya tersebar atau diterima di SMA/SMK. Sementara sisanya 1088 siswa diasumsikan masuk ke Aliyah dan sekolah swasta termasuk melanjutkan ke luar daerah.

Baca Juga  Gelar Seminar Nasional, Prodi Penko UNSA Hadirkan Guru Besar UM

Ditambahkan Dirman Malik, PPDB ini akan dibuka sampai gelombang kedua yakni 30 Juni hingga 2 Juli. Gelombang kedua ini diberikan bagi sekolah yang belum memenuhi daya tampung. “Laporkan ke Dinas Diknas bila masyarakat menemukan ada masalah dalam proses PPDB tahun ini,” pintanya. (*)

iklan bapenda