MTQ XXVIII Sumbawa Diikuti 589 Peserta  

oleh -6 views

Sumbawa Besar, SR (13/06)

Sebanyak 589 peserta dari 24 kecamatan di Kabupaten Sumbawa mengikuti Mushobaqah Thilawatil Qur`an (MTQ) XXVIII tingkat kabupaten. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Maronge dari 18—25 Juni itu, juga dihadiri 48 official, 120 pelatih, 48 pendamping dan 65 dewan hakim.

Untuk diketahui dewan juri terdiri dari tokoh agama dan tokoh masyarakat yang menggeluti masing-masing bidang lomba dalam MTQ.

Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumbawa, Suryanto S.Ag menyebutkan, MTQ kali ini melombakan 8 cabang dan 35 golongan. Cabang itu adalah Tilawah, Qira`at, Hifzil Qur`an, Fahmil Qur`an, Syarhil Qur`an,Khatil Qur`an, Tafsir Qur`an serta mushabaqah menulis kandungan Al-Qur`an. “Jumlah cabang yang dilombakan tahun ini sama seperti tahun lalu,” ujarnya.

Lebih lanjut Anto—sapaan akrabnya mengatakan, tahun sebelumnya kecamatan tidak diperkenankan mengambil peserta dari kecamatan lain, namun kini ada toleransi yang diberikan panitia, kecamatan diberikan kesempatan mengambil peserta dari kecamatan lain sepanjang warga di Kabupaten Sumbawa.

Toleransi ini diberikan karena sebagian camat merasa kesulitan melengkapi peserta untuk seluruh cabang yang dilombakan, mengingat tidak semua warganya cakap dalam hal MTQ.

Ada warga di kecamatan bersangkutan yang bisa mengaji, tapi tidak tinggal di sana karena sekolah atau kuliah dan tinggal di kota. “Kebijakan ini kita ambil agar perhelatan MTQ lebih kompetitif dan semarak,” pungkasnya. (*)

dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kejar Target, Puluhan Pasangan Menikah Jelang Ramadhan