DOREMI, Ibadah Sambil Bermain

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (14/06)

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik mendonorkan darahnya
Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik mendonorkan darahnya

Ibadah yang menyenangkan. Itulah kegiatan donor darah akbar yang dirangkaikan dengan pagelaran Festival Permainan Tradisional Anak Samawa di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (13/6). Kegiatan yang mengusung tema “DOREMI” (Donor Darah Rame Sambil Bermain) hasil kerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Sumbawa dan Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) ini sangat meriah yang direncanakan berlangsung hingga 15 Juni besok.

Ketua PMI Kabupaten Sumbawa, Drs H Rasyidi melaporkan, kegiatan donor darah akbar dan festival permainan tradisional ini bertujuan untuk menggugah semangat masyarakat melakukan aksi kemanusiaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah sukarela. Melalui donor darah tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ketersediaan darah pada Unit Donor Darah PMI Kabupaten Sumbawa khususnya menghadapi Bulan Suci Ramadhan.

Terkait dengan rangkaian donor darah yakni Permainan Tradisional Anak Samawa, Haji Rasyidi yang juga Sekda Sumbawa ini mengharapkan agar peserta didik dapat mengenal permainan tradisional anak Sumbawa sejak dini sebagai upaya melestarikan kearifan lokal. “Kami berharap dari kegiatan ini akan menyerap sedikitnya 100 kantong darah dari para pendonor sukarela yang berasal dari PNS lingkup SKPD, anggota TNI, Polri, karyawan BUMN/BUMD dan masyarakat umum,” harap Haji Rasyidi.

Bupati dan Ketua PMI Sumbawa, Drs H Rasyidi, cek jarum apakah tajam atau tumpul
Bupati dan Ketua PMI Sumbawa, Drs H Rasyidi, cek jarum apakah tajam atau tumpul

Untuk diketahui Festival Permainan Anak Samawa diikuti para pelajar tingkat SD yang dihimpun dari wilayah Kecamatan Sumbawa, Badas, Untir Iwes, Batu Lanteh, Moyo Hulu, Moyo Hilir, dan Kecamatan Moyo Utara, dengan melombakan 4 macam permainan trandisional meliputi permainan Engrang yang diikuti 13 regu,Bakiak 9 regu putra dan 6 regu putri, Hadang–hadang 18 regu putra dan 16 regu putri, serta Serpok terdiri dari 12 regu putra dan satu regu putri.

Baca Juga  Quin Star Pembuka, Master Laba-Laba Penutup, Putri Ahok Juara Umum

Bahkan Bupati Sumbawa ikut dalam permainan tersebut serta menyumbangkan darahnya melalui donor darah.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PMI dan UTS yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat, tidak hanya untuk kemanusiaan tapi juga membangkitkan kearifan local Tana Samawa.

Melalui kegiatan seperti ini akan dapat memacu organisasi lainnya untuk melaksanakan hal serupa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi yang membutuhkan. “Kami minta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa, untuk selalu berpartisipasi dan rajin mendonorkan darahnya membantu sesame,” pinta JM, seraya berharap masing-masing SKPD dapat mendaftarkan stafnya minimal 10 orang menjadi pendonor. Bahkan Bupati Sumbawa menawarkan hadiah sebesar Rp 5 juta bagi dinas yang dapat menyumbangkan darah sebanyak 50 kantong. “Kalau ada yang dapat menyumbangkan darahnya sebanyak 50 kantong, silahkan ambil gaji saya sebulan,” tantangnya.

Bukan itu saja, SKPD yangt menyumbangkan 40 kantong mendapatkan hadiah Rp 4 juta, dan 30 kantong Rp 3 juta. Tawaran Bupati ini langsung disambut Bank NTB sudah menyanggupi menyediakan anggaran untuh hadiah bagi SKPD yang mampu menyumbangkan darah.

Menyinggung Permainan Tradisional Anak Sumbawa, JM mengaku mengenang masa kecil dahulu, sejumlah permainan dilakukan sebagai bentuk refresing, rekreasi bagi anak-anak. Disamping itu juga melalui permainan tradisional ini ada kreatifitas dan ketekunan.

Baca Juga  Taman Mini Indonesia Indah Dimeriahkan “Munit Adat” Samawa

Seperti membuat Serpok katanya, meski sederhana dan mudah membuatnya, namun terkadang tidak dapat mengeluarkan suara atau peluru. “Butuh ketekunan dan ketelatenan, dan tentunya kreatifitas bagi yang membuat,” ujarnya, seraya berharap dari permainan ini dapat memahami dan melestarikan budaya daerah. Sebab bangsa yang hebat adalah yang menghargai dan mengembangkan budayanya.

Salut Buat UTS

Di bagian lain Bupati Sumbawa menyatakan salut dengan UTS yang terlibat dalam kegiatan tersebut. UTS sekarang ini puji JM, mulai menunjukkan kreatifitas dan prestasi baik di tingkat nasional maupun Internasional. “Kami harap UTS dapat menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda