SMAN 1 Lape Juara Aplikasi Bioteknologi FTB UTS 2014

oleh -6 views
bankntb

Dapat Beasiswa 40 Juta 

Sumbawa Besar, SR (09/06)

amdal
15 Mahasiswa Biotech UTS yang akan berlaga di Boston Amerika Serikat, November 2014
15 Mahasiswa Biotech UTS yang akan berlaga di Boston Amerika Serikat, November 2014

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) kembali menggelar seleksi terhadap siswa SMA se Kabupaten Sumbawa untuk mengikuti Lomba Aplikasi Bioteknologi yang digelar program studi (Prodi) Bioteknologi Fakultas Tekno Biologi (FTB) UTS Tahun 2014.

Seleksi tersebut dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah tes tulis yang diikuti 118 pelajar pada Februari lalu. Dari seleksi ini yang berhasil terpilih hanya 32 peserta dengan nilai terbaik. Selanjutnya mereka akan mengikuti kegiatan Biotech Camp untuk pembekalan materi seputar Bioteknologi. Kemudian, FTB UTS menyelenggarakan kompetisi babak final yang terbagi dalam 6 kelompok yang telah berlangsung pada Minggu (8/6). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Rektorat UTS, Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa yang didampingi Wakil Rektor I, M Aris ZA MM.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan, Dr H Muhammad Ihsan M.Pd, menyampaikan bahwa sebenarnya dampak bioteknologi telah dirasakan secara luas oleh masyarakat, terutama di bidang pangan, seperti keju, tempe, dan yoghurt. Kareannya Ia berharap agar UTS dapat mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berakhlak mulia sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas, baik dalam sekala nasional bahkan internasional.

Sementara Ketua Program Studi Bioteknologi, Dwi Ariyanti S.Pt., M.Biotech, menjelaskan, kompetisi dimulai dengan presentasi robot bioteknologi dari 4 grup yang hadir pada kesempatan itu. Yakni tim Sumbawagen 1, Sumbawagen 3, Sumbawagen 4, dan Sumbawagen 6. Dalam presentasenya, empat grup ini berhasil memukau penonton yang hadir dari kalangan pejabat pemerintahan, guru, dosen, mahasiswa, serta siswa SMA. Selanjutnya kata Dwi, para finalis mengikuti lomba praktikum yang bertemakan fermentasi di Lantai 1 Gedung Rektorat tersebut. Sedangkan para siswa SMA yang hadir pada saat itu mendapatkan kesempatan mengikuti seminar tentang FTB UTS di lantai 2 serta kelas eksperimen sederhana di lantai 1.

Baca Juga  Alumni UNSA Juara Nasional Pemuda Pelopor 2017

Eksperimen yang diikuti para siswa yakni isolasi DNA buah, praktikum koloid, serta praktikum oksidasi pada buah apel yang difasilitasi oleh mahasiswa FTB UTS. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan Bioteknologi dan FTB UTS secara menarik kepada para siswa.

Untuk diketahui hasil presentasi robot bakteri dan praktikum yang telah dilakukan oleh para finalis telah ditetapkan. Dewan juri memutuskan Tim Sumbawagen 6 atas nama Tegar Aprilian dan Lulu Suliswati dari SMAN 1 Lape berhasil menjadi juara I. Tim yang proposalnya berjudul The ETC (The Escerichia Coli Terminator of Carbon Monoxide) ini dan  berhak mendapatkan hadiah berupa beasiswa pendidikan penuh selama 4 tahun senilai Rp 40.000.000, uang pembinaan pendidikan senilai Rp 2.000.000, dan sertifikat.

Kemudian juara 2 diraih oleh tim Sumbawagen 4 atas nama Kurniawan Eka Putra dan Luluk Vebriati dari SMAN 1 Sumbawa Besar dengan judul proposal WECOLife (Water from E. coli for Life)–Pemurnian Kalsium dan Magnesium Air Sadah dengan E.coli. Tim ini berhak mendapatkan beasiswa pendidikan selama 3 tahun senilai Rp 30.000.000, uang pembinaan pendidikan Rp 1.500.000, dan sertifikat.

Sedangkan juara ketiga diraih Tim Sumbawagen 1 atas nama Muhammad Iqbal Maulana dan Rini Agustin dari SMAN 1 Empang dengan judul proposal Ecoweed Biosystem Desease Control. Mereka mendapatkan hadiah berupa beasiswa pendidikan selama 2 tahun senilai Rp 20.000.000, uang pembinaan Rp 1.000.000, dan sertifikat.

Baca Juga  Listrik Padam, Simulasi UNBK di SMAN 1 Plampang Terganggu

Juara Harapan diraih Tim Sumbawagen 3 atas nama Wiwin Apri Hartina dan Lisra Aini dari SMAN 3 Sumbawa Besar dan SMAN 2 Sumbawa Besar dengan judul proposal E. coli-Agen Bioremidiasi Biologis, serta berhak mendapatkan hadiah berupa beasiswa pendidikan selama 1 tahun senilai Rp 10.000.000, uang pembinaan pendidikan senilai Rp 500.000, dan sertifikat.

Seluruh finalis berkesempatan bergabung dengan tim Sumbawagen UTS yang akan mengikuti kompetisi bioteknologi internasional, iGEM (International Genetically Engineered Machine) di MIT, Boston, Amerika Serikat pada November 2014 mendatang. (*)

iklan bapenda