Disnak Sumbawa Cari 60 Kelompok Ternak

oleh -4 views
bankntb

Untuk Dapat Bantuan Sapi Bibit

Sumbawa Besar, SR (30/05)

amdal
Ir Syafruddin Nur, Kadis DPKH Sumbawa
Ir Syafruddin Nur, Kadis DPKH Sumbawa

Hingga kini Dinas Peternakan belum dapat melaksanakan kegiatan tender secara menyeluruh atas sejumlah paket pengadaan bibit ternak yang diperuntukkan bagi kelompok petani peternak di daerah ini.

Hal ini terjadi karena terhambat masih kurangnya jumlah kelompok sasaran yang ditentukan untuk mendapatkan bibit ternak yang dibiayai dana hibah bantuan sosial Tahun 2013/2014 sekitar Rp 16 miliar. “Sudah ditetapkan 380 kelompok petani peternak yang tersebar di 24 kecamatan, tapi masih kurang 60 kelompok,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sumbawa, Ir Syafruddin Nur di ruang kerjanya, Rabu (28/5).

Dijelaskannya, dari alokasi dana hibah/bansos belasan miliar ini terdapat sisa dana luncuran Tahun 2013 sebanyak 70 persen dari nilai anggaran untuk pengadaan 333 ekor sapi bibit senilai Rp 2,4 miliar dan kambing 700 ekor dengan nilai Rp 936 juta. Adanya luncuran ini karena rekanan tidak dapat memenuhi kewajiban pengadaan ternak dimaksud, sehingga Disnak terpaksa melakukan pemutusan kontrak, yang kemudian meluncurkan sisa anggaran Tahun 2013 itu ke Tahun Anggaran 2014 ini, dan proses tendernya telah dituntaskan.

Untuk diketahui, pengadaan bibit ternak ini merupakan aspirasi dewan. Karenanya Disnak telah menyurati pimpinan DPRD Sumbawa agar anggota dewan yang merasa memiliki aspirasi untuk segera memasukkan usulan masyarakat, agar proses pelaksanaan tender segera dilakukan.

Baca Juga  Kunci Antisipasi Kelangkaan Cabai, Gunakan Teknologi

Namun sejauh ini pihak dewan belum memberikan jawaban kongkret. “Kami akan terus berkoordinasi, agar proses tender cepat dituntaskan, alokasi bantuan cepat dilakukan, dan tepat sasaran,” demikian Syafruddin Nur. (*)

iklan bapenda