Duta Baca Diraih Siswa SMAN 3 Sumbawa

oleh -7 views
Nurfaizin Usman, Duta Baca 2014
bankntb

Sumbawa Besar, SR (26/05)

Nurfaizin Usman, Duta Baca 2014
Nurfaizin Usman, Duta Baca 2014

Nurfaizin 1Nurfaizi Rahman, siswa SMA Negeri 3 Sumbawa berhasil terpilih sebagai duta baca tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sumbawa. Pada kegiatan hasil kerjasama Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB, Arpusda Sumbawa dan Universitas Tekhnologi Sumbawa (UTS) yang digelar di UTS, Kamis (22/5), remaja berkaca minus ini menyisihkan 39 peserta lainnya.

amdal

Berada di urutan kedua Candra Wahyuda Sudono (MAN 1 Sumbawa), ketiga Farizah Yulianty (SMAN 1 Utan), serta Millah Hanifah dan Halida Fitriasari—keduanya dari SMAN 2 Sumbawa masing-masing juara harapan I dan Harapan II.

Selain menetapkan juara I hingga Harapan II, tim juri terdiri dari Mustakim Biawan, Abdul Latif S.Sos, dan Dady Suprapto MA, memilih 10 pemenang favorit Desita Qudratul Aulia dan Imam Risalul (SMAN 1 Sumbawa), Kudratullah dan Putri Andini Purnawan (SMKN 1 Sumbawa), Hardianti (SMA Islam Sumbawa), Rizka Azzahral Fanani (SMAN 1 Empang), Ria Qomratul Aidah dan Marsa Giupta Juliana (SMAN 3 Sumbawa), Novi Cahya Lestari (MAN 1 Sumbawa) dan Budi Kurniawan (SMKN 2 Sumbawa).

Abdul Latief S.Sos, Tim Juri
Abdul Latief S.Sos, Tim Juri

Terpilihnya Nurfaizi Rahman sudah terasa saat perlombaan. Penampilan siswa klas XI sangat memukau tim juri karena kefasihannya dalam memaparkan materi yang mengulas tentang perbukuan, perpustakaan, minat baca, akhlak dan budi pekerti ini, sebagiannya menggunakan Bahasa Inggris. Di samping performance di atas panggung yang tidak canggung, santai, namun tegas dalam berekspresi. Atas prestasinya ini, putra pasangan Khairul Rahman dan Rafiah yang tinggal di Karang Goreng Kelurahan Brang Bara tersebut, berhak mendapatkan trophy dan uang tunai Rp 5 juta. Untuk juara 2 hingga harapan II masing-masing memperoleh trophy dan uang tunai Rp 4 juta, 3 juta, 2 juta dan 1 juta. Sedangkan favorit mendapat piagam penghargaan dan doorprize dari KFC, Pascolla, Pariwisata dan Balpoint Standar. Untuk diketahui sebelumnya Nurfaizi Rahman meraih juara pertama Lomba Duta Baca untuk bidang arsip tingkat Kabupaten Sumbawa yang digelar kantor Arpusda setempat.

Baca Juga  F2MP Galang Dana untuk Pasien Balita Penderita Jantung Bocor

Ditemui usai lomba, Nurfaizi Rahman mengaku gembira dengan prestasi yang diraihnya. Ia menilai kegiatan itu sangat positif terutama bagi para pelajar, selain cakrawala atau wawasan pengetahuan mereka semakin luas karena adanya minat baca, juga mampu berprestasi tidak hanya di tingkat kabupaten, tapi juga regional bahkan nasional. “Pemilihan duta baca merupakan kegiatan yang bagus karena dapat menumbuhkan kepercayaan diri, bukan hanya ajang untuk lomba karena yang kebih penting memotivasi adanya minat baca khususnya pelajar. Sebab dengan membaca akan menumbuhkan akhlak atau pribadi yang berkarakter,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda