400 Penderita Katarak Dilayani Operasi Gratis

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (26/05)

Peserta Operasi Katarak
Peserta Operasi Katarak

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) bekerjasama dengan DCF Batu Hijau dan Klinik Mata Tritia Surabaya, kembali menggelar operasi katarak massa secara gratis.

amdal

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Klinik Mata Tritia Surabaya yang dipimpin dr Armanto akan memboyong 21 orang terdiri dari 7 dokter, 7 perawat mata, dan 7 tenaga medis lainnya.  Sedangkan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menurunkan tim medis yang berjumlah 40 orang.

Kasubbag Kehumasan Bagian Humas dan Protokol Setda Sumbawa, Rudi Yulianto, menyebutkan, kegiatan itu akan menangani 400 pasien penderita katarak, yang akan berlangsung dari 24 hingga 29 Mei 2014.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui 3 tahapan yaitu screening mata, cek kondisi kesehatan, dan operasi.  Operasi katarak gratis tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat terutama penderita katarak, yang dibuktikan dari daftar peserta sementara mencapai 351 pasien pada Jumat lalu dan diperkirakan Minggu (25/5) ini akan bertambah, dan diprediksi melampaui rencana 400 pasien.katarak 2

Namun demikian tim dokter operasi mata ini menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan operasi katarak meski jumlah pasien di atas target.

Melihat antusiasme masyarakat tersebut Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, A Malik S.Sos yang ditemui terpisah menyatakan akan kembali merencanakan akan mengadakan kegiatan yang sama Juni 2014 mendatang.

Pada kegiatan operasi itu nantinya akan disiapkan bagi para PNS dan pensiunan PNS. Karena berdasarkan survey yang dilakukan Follows Health Foundation (FHF) bahwa lebih dari 50 persen jumlah penderita katarak dialami oleh masyarakat yang berumur 50 tahun. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Polwan NTB Bantu Lansia dan Orang Sakit, Kurangi Dampak Sosial Covid-19