PDIP Calonkan Husni Djibril di Pilkada Sumbawa

oleh -6 views
bankntb

Popularitas Ir H Mokhlis M.Si Menguat

Sumbawa Besar, SR (23/05)

amdal
HM Husni Djibril B.Sc
HM Husni Djibril B.Sc

Tinggal setahun lagi, pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Sumbawa akan digelar. Banyak figur potensial mengemuka dan digadang-gadang bakal menggantikan Drs H Jamaluddin Malik yang telah menjabat sebagai Bupati Sumbawa selama dua periode.

Bahkan ada beberapa partai yang sudah mengisyaratkan akan mendukung figure tertentu dalam Pilkada mendatang.

Salah satunya PDI Perjuangan. Menurut Sekretaris DPC PDI-P Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP, Kamis (22/5), H Husni Jibril SH sudah hampir pasti maju pada Pilkada Sumbawa 2015 mendatang. Namun sejauh ini siapa pendampingnya, belum dibicarakan.

Untuk mengusung pasangan calon, PDIP harus berkoalisi dengan partai politik yang meraih kursi di Pileg kemarin. Sebab 6 kursi yang dimiliki partai banteng moncong putih ini dinyatakan belum memenuhi syarat mengusung pasangan secara mandiri. “Kami harus berkoalisi, dan komunikasi politik ke arah sudah ada meski tidak secara agresif,” ucapnya.

Ditanya parpol mana yang dilirik PDI-P ? Budi –akrab calon ketua DPRD Sumbawa ini disapa, mengaku sudah mewacanakan berkoalisi dengan PPP dan Golkar. Koalisi ini mengingatkan masyarakat akan “tiga serangkai” pimpinan legislatif di DPRD Sumbawa beberapa periode lalu, yakni Muh Amin SH MSi (Golkar), Husni Djibril (PDI-P) dan Nurdin Ranggabarani SH MH (PPP).

Sementara pasangan yang akan mendampingi H Husni, wacana yang berkembang ada beberapa figur yang digadang-gadang. Dari Partai Golkar mengemuka nama Drs A Rahman Alamudi SH M.Si, dan H Nurdin Marjuni.

Baca Juga  HMI Bali Nusra Desak Gubernur NTB Bertanggung Jawab

Dari dua figure ini yang berpeluang adalah H Nurdin Marjuni, karena representasi dari masyarakat Sumbawa di wilayah timur dan H Husni Jibril representasi Sumbawa wilayah barat.

Duet Husni–Nurdin diperkirakan akan menjadi saingan kuat dari H Syarafuddin Jarot pejabat senior dari PTNNT yang diwacanakan akan diusung oleh Partai HANURA bersama dengan koalisinya.

Di samping figur tersebut, muncul juga figur-figur lain yang diwacananakan. Dari kalangan politisi adalah Syamsul Fikri, Burhanuddin Jafar Salam SH, Kamaluddin ST, Nurdin Ranggabarani, dan H Ilham Mustami, Mustami H Hamzah, dan Ardi Juliansyah JM.

Ir H Mokhlis M.Si, Mantan Bupati Sumbawa
Ir H Mokhlis M.Si, Mantan Bupati Sumbawa

Sedangkan kalangan birokrat adalah Ir H Mokhlis M.Si. figure ini dinilai cukup kuat dibandingkan yang lain, selain pernah menjabat Penjabat Bupati Sumbawa dan sukses melaksanakan Pilkada tiga kali putaran dalam suasana aman dan kondusif, juga dipercaya dan menjadi orang kepercayaan Gubernur NTB untuk menduduki jabatan strategis di pemerintahan setempat dari sebelumnya Kadisnakertrans Propinsi yang kemudian menjabat Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip NTB dengan menelurkan program yang cukup populer “Magrib Mengaji, Desa Membaca” sangat pas dengan adat istiadat dan budaya Tau dan Tana Samawa. “Adat Barentikan Sara, Sara Barentikan Kitabullah”.

Figure lainnya adalah Drs H Rasyidi (Sekda Sumbawa), Sudirman SPd (Kepala Dinas Diknas Sumbawa), dan H Badrul Munir MM.

Namun untuk calon dari kalangan birokrat ini harus berpikir ulang karena UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru ditetapkan pemerintah mengharuskan calon Bupati atau Wakil Bupati dari PNS harus mundur dari PNS.  (*)

iklan bapenda