Anggota PPS dan PPK di Sumbawa Diganti

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (23/05)

Syukri Rahmat, S.Ag-Ketua KPU Sumbawa
Syukri Rahmat, S.Ag-Ketua KPU Sumbawa

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa melakukan pergantian sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) pasca Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) lalu. Reshuffle tersebut berdasarkan hasil evaluasi kinerja para penyelenggara selama pemilu legislative (Pileg) 2014 lalu.

amdal

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag M.Si saat rapat koordinasi dengan seluruh anggota PPK se Kabupaten Sumbawa terkait perbaikan SPSHP (Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan) dan Penyusunan  DPT Pilpres, belum lama ini, menyebutkan hasil evaluasi KPU terhadap kinerja para penyelenggara tingkat bawah, ada beberapa anggota PPS dan PPK yang diganti.

Di antaranya 2 anggota PPK Alas, 1 PPK Lape, dan 1 PPK Badas. Seperti anggota PPK Badas diganti karena mengundurkan diri. Ada juga yang tidak dapat melaksanakan tugas sebagai penyelenggara secara maksimal, karena mereka memiliki kesibukan selain sebagai PPK. Alasan yang sama juga dilakukan pergantian terhadap anggota PPS.

Di bagian lain Syukri mengingatkan pentingnya PPK dan PPS untuk mencermati usia pemilih, agar tidak sampai terdaftar pemilih-pemilih di bawah umur. Hal ini sebagai upaya antisipasi adanya pemilihan ganda atau meninggal dunia serta unsur TNI/Polri yang terdaftar sebagai pemilih.

Syukri juga menekankan kepada semua PPK senantiasa menjaga netralitas dan independensi dalam bekerja. Tapi netralitas itu tidak lantas dimaknai dengan menutup diri dari pihak lain. Artinya koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak atau stakeholder itu harus dilakukan. (*)

 

iklan bapenda
Baca Juga  GOW KSB Hadir untuk Masyarakat