Tim Garuda Mulai Survey Sumbawa

oleh -1 views
Jenis ATR 72
bankntb

Sumbawa Besar, SR (19/05)

Faik Fahmi, Direktur Pelayanan Garuda Indonesia
Faik Fahmi, Direktur Pelayanan Garuda Indonesia

Tim Direktorat Sales dan Marketing Maskapai Garuda Indonesia Airlines dijadwalkan akan melakukan survey di Sumbawa pada Senin (19/5) hari ini hingga 23 Mei mendatang. Survey tersebut dilakukan untuk menentukan layak dan tidaknya Garuda membuka rute di daerah bermotto “Sabalong Samalewa” ini.

amdal

Direktur Pelayanan PT Garuda Indonesia, Faik Fahmi yang dihubungi via telepon seluler, Minggu (18/5) sore, memastikan kedatangan tim survey tersebut. “Ada sekitar tiga orang tim dari sales dan marketing yang akan melakukan survey lapangan di Sumbawa,” kata Faik Fahmi.

Menurutnya, ada beberapa hal utama yang akan dilihat oleh tim survey sebelum akhirnya pihak perusahaan menentukan kebijakan apakah layak atau tidak membuka rute ke Sumbawa. Di antaranya dilihat dari sisi marketing yaitu jumlah penumpang. Selaian itu, pihak perusahaan plat merah tersebut ingin melihat secara langsung kesiapan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin. Apabila semua berjalan dengan baik dan sesuai rencana, serta pembukaan rute ke Sumbawa memenuhi syarat, maka pihak Garuda rencananya menerbangkan ATR 72.

Jenis ATR 72
Jenis ATR 72

Ditanya jadwal penerbangan, Faik mengaku belum dapat memastikannya sebelum ada hasil tim survey yang kemudian dianalisa. Namun dia berharap semua berjalan baik sesuai harapan. “Kita berdoa bersama-sama agar semuanya berjalan sesuai rencana,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Ahmad, S.Sos memastikan kapasitas bandara mampu didarati maskapai penerbangan nasional Garuda Airlines. Bahkan Ahmad memastikan semua fasilitas yang dimiliki bandara sangat memungkinkan.  Dengan panjang landasan 1.650 meter itu sudah sangat layak untuk didarati pesawat sejeni s apa saja, selain type Boeing.

Baca Juga  Ini Ambisi 100 Hari Kerja Kadis Pariwisata KSB

“Secara fisik landasan maupun fasilitas pendukung lainnya kita sudah sangat siap. Kita bahkan telah memasang lampu bandara bila sewaktu-waktu ada pendaratan malam,” jelas Ahmad.

Demikian dengan Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik yang menilai kehadiran Garuda akan menjadi solusi bagi permasalahan penerbangan di daerah ini dan berharap maskapai tersebut dapat melayani dua kali dalam sehari. Pemerintah daerah kata JM—akrab bupati disapa, sangat mendukung masuknya Garuda. Sebab dengan lancarnya transportasi darat, laut dan udara, pasti berpengaruh pada proses pembangunan daerah termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Hal senada dikatakan Ketua DPRD Sumbawa, H Farhan Bulkiyah SP bahwa mobilisasi penerbangan menjadi kebutuhan masyarakat dan daerah ini. Karenanya tidak ada alasan bagi pemerintah daerah untuk tidak menyambut kedatangan tim survey Garuda Indonesia secara antusias. (*)

iklan bapenda