Puluhan Lulusan SMKN 1 Alas Bertolak ke Malaysia

oleh -29 views
Siswi SMKN 1 Alas yang akan bertolak ke Malaysia
bankntb

Sumbawa Besar, SR (18/05)

Siswi SMKN 1 Alas Ngurus Paspor
Siswi SMKN 1 Alas Ngurus Paspor

Puluhan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Alas, akan mendapat pekerjaan. Mereka langsung direkrut PT Wira Karitas yang bekerjasama dengan pihak sekolah, untuk dipekerjakan di PT Inari—sebuah perusahaan elektronik di negeri jiran Malaysia dengan gaji yang lumayan besar. Sedikitnya 70-an siswa tersebut, Jumat kemarin, berbondong-bondong ke kantor Imigrasi Klas II Sumbawa untuk mengurus paspor dan visa. Rencananya para siswa yang sebagian besar jurusan TIK (Tekhnologi Informasi Komunikasi) ini akan berangkat setelah kepastian kelulusan sudah diterima. Namun sebelum diberangkatkan ke Malaysia mereka harus mengikuti tes teori, kesehatan, dan pelatihan selama beberapa minggu di Jakarta. siswi SMKN 1 Alas 2

Salah seorang siswa, Rinanti yang ditemui di Kantor Imigrasi mengaku sangat senang mendapat kesempatan bekerja di luar negeri. Apalagi dengan gaji yang cukup besar. Menurut informasi yang disampaikan saat sosialisasi, mereka bekerja di perusahaan elektronik. Gaji yang diterima hampir mencapai Rp 4 juta plus lembur dan kesejahteraan lainnya. Mereka bekerja hanya 4 hari dalam seminggu dan tinggal di apartemen. “Ini kesempatan emas yang tidak datang dua kali,” kata Rina Nose—sapaan akrabnya.

Hal senada juga dikatakan Yuyun Apriyanti, Nur Safitri, dan Nurul Rara Kantari. Ketiganya mengaku tawaran itu sangat menarik dan langsung diterima. Apalagi mereka diberangkatkan melalui jalur khusus tidak seperti warga umum lainnya yang menjadi TKW di luar negeri. Dengan bekerja di perusahaan elektronik di Malaysia akan mengasah skill yang mereka miliki selama di bangku sekolah. Di samping itu dapat membahagiakan orang tua. “Semoga yang kami cita-citakan dapat terwujud,” ucapnya.

Baca Juga  GURUKU HEBAT
I Made Sudharta S.Sos, Kepala Imigrasi Sumbawa
I Made Sudharta S.Sos, Kepala Imigrasi Sumbawa

Sementara itu Kepala Imigrasi Klas II Sumbawa, I Made Sudharta S.Sos mengakui adanya pengurusan paspor yang dilakukan puluhan siswi SMK Negeri 1 Alas. Pengurusan ini menyusul rencana keberangkatan mereka di Malaysia untuk keperluan pekerjaan. Terhadap para siswa ini, Ia telah mengintruksikan jajarannya untuk memberikan pelayanan maksimal. (*)

iklan bapenda