PLTS 3 MW akan Dibangun di Sumbawa

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (18/05)

PLTS 1Kekurangan listrik PLN untuk masyarakat, bakal teratasi. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia berencana akan membangun sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 3 MW di Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Sumbawa, Ir Abdul Rahim, kemarin, mengakui adanya rencana pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM-RI. Rencana itu diketahui dari website. Namun sejauh ini Pemda Sumbawa belum menerima surat dari Kementerian ESDM. Dari informasi yang diperoleh ungkap Rahim, Kementerian ESDM saat ini sedang melaksanakan proses lelang PLTS kepada pihak swasta dengan kapasitas listrik 140 Megawatt yang dihajatkan untuk seluruh Indonesia termasuk NTB dengan nilai investasi mencapai Rp 2,8 triliun.

“Sejumlah negara telah menyatakan minat mengikuti lelang PLTS antara lain Amerika Serikat, Jepang, dan Afrika Selatan,” sebutnya.

Rencananya pembangunan PLTS tersebut berlangsung selama 6 bulan sehingga akhir Tahun 2014 mendatang sudah beroperasi. “PLN telah menyatakan kesiapan untuk membeli energi listrik itu, sebab akan dapat mengganti 20 persen beban listrik di suatu wilayah,” demikian Rahim.(*)

iklan bapenda
Baca Juga  Perusahaan Asal Papua Pemenang Tender Pasar Brang Bara