Dirut PDAM Sumbawa Resmi Dilantik

oleh -19 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (18/05)

Dirut PDAM Dilantik, tampak Ketua Dewan Pengawas, Wirawan S.Si MT
Dirut PDAM Dilantik, tampak Ketua Dewan Pengawas, Wirawan S.Si MT

Hasanuddin SE resmi dilantik sebagai Direktur Utama PDAM Batu Lanteh untuk 2014-2018, Jumat (16/4). Pejabat sementara ini didefinitifkan Bupati Sumbawa, menggantikan Ir Gani Eko Harsono yang dicopot sebelum masa jabatannya berakhir.  Hasanuddin dilantik setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Dan berdasarkan pengalaman, masa kerja dan kompetensinya, Ace—sapaan akrabnya dinilai layak memimpin perusahaan air minum milik daerah tersebut.

Dalam arahannya, Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik mengakui hal itu. Dipilihnya Hasanuddin, melalui berbagai pertimbangan dengan harapan dapat membawa PDAM menjadi perusahaan yang mencari untung dan jika mungkin menjadi salah satu sumber pendapatan daerah.

JM—sapaan Bupati berharap PDAM dapat mandiri, tidak lagi disubsidi oleh pemerintah seperti sebelumnya. Untuk itu dengan direktur yang baru serta dukungan dan kerjasama para karyawan, PDAM dapat dikelola secara profesional, sehingga mampu memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. “Kalau pengelolaan PDAM bagus, jelas memberikan keuntungan yang besar, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan karyawannya.

Terkait masalah internal PDAM, JM meminta dapat diselesaikan dengan baik sehingga tidak menghambat pelayanan. “Saya minta masalah internal seperti itu tidak terjadi lagi,”  tegasnya.

Kepada PDAM yang baru, JM mengingatkan tidak bekerja sendiri, melainkan secara koletif kolegial, karena masalah dan tantangan akan teratasi jika dihadapi secara bersama-sama. “Jangan mengelola perusahaan seperti milik pribadi, PDAM itu perusahaan publik, sehingga perlu kerjasama yang baik,” tukasnya.

Baca Juga  Gerakan Empati, Polres Dompu Bagi Nasi Kotak dan Masker

Demikian dengan para karyawan, juga diingatkan bekerja bersungguh-sungguh jika menginginkan perusahaan maju dan menjadi lebih baik.

Mengenai pelayanan kepada masyarakat, JM menyatakan multlak ditingkatkan. Pihak

PDAM harus inovatif dan kreatif dengan mengembangkan usaha perusahaan tidak saja menjual air melalui pipa, tapi juga melalui botol kemasan dalam rangka meningkatkan profit.

Pada kesempatan itu JM mengulas regulasi yang mengatur tentang PDAM yakni Perda No. 7 Tahun 2013 tentang Pengelolaan PDAM Batu Lanteh. Perda itu mengatur tugas pokok dan fungsi yang harus dipahami oleh direktur dan seluruh karyawan. Di antaranya, menyusun perencanaan, mengintensifkan koordinasi baik internal maupun eksternal, termasuk membangun kerjasama yang baik dengan legislatif maupun eksekutif.  Selain itu melakukan pembinaan terhadap pegawai, agar dapat bekerja produktif, mengelola kekayaan PDAM, menyusun rencana strategis, menyampaikan laporan melalui dewan pengawas, menyusun laporan keuangan kepada Bupati, dan tugas lainnya. “Tugas ini harus dilaksanakan agar PDAM ke depan maju dan berkualitas. Paling penting Direktur PDAM sekarang harus lebih baik dari sebelumnya,”  tandasnya. (*)

iklan bapenda