Jejak Hanura Diikuti Golkar dan PPP

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (13/05)

Kamaluddin ST M.Si, Ketua DPC PPP Sumbawa
Kamaluddin ST M.Si, Ketua DPC PPP Sumbawa

Seperti halnya Partai Hanura, PPP dan Golkar juga melirik jabatan Ketua Komisi di DPRD Sumbawa. Dua partai besar yang sudah mendapat jatah jabatan pimpinan DPRD ini tengah gencar melakukan lobi untuk meraih salah satu dari 4 jabatan ketua komisi.

amdal

Hal ini ditegaskan Kamaluddin ST M.Si, Ketua DPC PPP Kabupaten Sumbawa. Ditemui usai Rapat Pleno Penetapan Caleg Terpilih di Kantor Bupati Sumbawa, Senin (12/5), Kamal—akrab ia disapa, mengatakan partainya tengah membangun komunikasi dengan semua parpol peraih kursi di dewan. Sebab partai manapun memiliki hak yang sama untuk menduduki jabatan itu, hatta yang memiliki satu kursi di dewan. “Ini tergantung lobi politik,” tukas pimpinan parpol yang bakal menduduki jabatan pimpinan DPRD Sumbawa periode 2014—2019 setelah terpilih pada Pemilu kemarin.

Ditanya siapa yang akan direkomendir menjadi ketua komisi dari PPP ? Kamal menyebutkan semua kadernya yang meraih kursi di DPRD dan semua calon incumbent yang memiliki pengalaman legislator. Untuk menentukannya tentu dilihat dari latar belakangnya. Misalnya di Komisi IV yang menangani bidang pendidikan sangat pas adalah H A Rakhman HMS. Selain berlatar pendidik, juga memiliki pengalaman sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbawa. Kemudian di Komisi III sudah pasti Rusli Manawari. Selain sudah dua periode dan akan menjabat tiga periode di DPRD, juga sudah berkarat di Komisi III. Kemudian Komisi I adalah Ismail SH, juga dua periode yang saat ini masih menjadi anggota Komisi I. Selanjutnya M Nur S.Pd.I juga dua periode yang diplot di Komisi II. “Semua kader kami di DPRD sudah berpengalaman dan dipastikan mampu memimpin masing-masing komisi,” tandas politisi santun ini.

Baca Juga  Kursi Ketua DPRD Sumbawa Bukan dari PDIP

Disinggung adanya sindiran “serakah” karena PPP telah mendapat jatah pimpinan dewan, Kamal menyatakan bahwa fase pimpinan dewan sudah selesai dan diperoleh secara mutlak meski tanpa melakukan koalisi dengan parpol lainnya. “Jabatan pimpinan dewan ini hasil koalisi PPP dengan rakyat,” ucapnya, seraya menyatakan bahwa fase baru adalah merebut ketua komisi.

Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, Ketua DPD Golkar Sumbawa
Drs A Rahman Alamudy SH M.Si, Ketua DPD Golkar Sumbawa

Hal senada dikatakan Drs A Rahman Alamudy SH M.Si. Ketua DPD Partai Golkar Sumbawa ini menegaskan partainya akan berusaha merebut jabatan salah satu ketua komisi. Sejauh ini Golkar telah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah parpol dan mendapat sambutan positif. “Ini bukan dalam tataran bagi-bagi kekuasaan, semua tergantung dari lobi politik. Jika dipercaya Golkar siap mengemban amanah,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda