Kunjungan Membludak, Pelayanan di Bawah Standar

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/05)

Syahril S.Pd M.Pd, Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa
Syahril S.Pd M.Pd, Kepala Arpusda Kabupaten Sumbawa

Setiap harinya jumlah kunjungan di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa, mencapai ratusan orang. Itu menandakan tingginya minat baca masyarakat.

amdal

Meski demikian Kepala Arpusda setempat, Syahril SPd MPd, mengakui sistem pelayanan yang ada di kantornya masih di bawah standar, terutama menyangkut sarana prasarana. Ruang baca yang ada saat ini masih kurang refresentatif khususnya untuk ruang refrensi. Ini dikarenakan, gedung kantor yang belum memadai.

Selain itu, pelayanan yang diterapkan masih bersifat konvensional atau biasa-biasa saja. “Seharusnya pelayanan kita sudah menganut sistem digital,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan koleksi buku ?. Untuk koleksi buku sambung mantan Sekretaris Dinas Diknas Sumbawa ini, sudah memenuhi standar terutama dari sisi jumlahnya.

Namun Arpusda akan terus memperbaharui koleksi buku ini sesuai kebutuhan masyarakat pada semua strata baik untuk umum maupun pelajar. “Masukan dari pengunjung tentang koleksi buku ini sangat kami harapkan,” tandasnya.

Agar pelayanan di Arpusdadapat lebih maksimal, pada Tahun 2015 mendatang, Pemda Sumbawa berencana membangun gedung baru. Untuk pembangunan gedung baru ini tambah Syahril, ada dua alternative yakni dibangun di lokasi semula atau di tempat lain yang lebih refresentatif. “Kalau pelayanan di Arpusda ingin ditingkatkan lagi, gedung baru ini harus dibangun di tempat lain karena lokasi yang sekarang ini sudah tidak layak lagi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Tahun ini Mekanisme Pencairan Dana BOS Berubah  

 

iklan bapenda