Perbaiki Layanan, PLN Tambah Mesin

oleh -9 views
Mesin pembangkit di PLTD Labuan Sumbawa, foto: samawarea.com
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/05)

Hengky Purbo, PH Manager PLN Sumbawa
Hengky Purbo, PH Manager PLN Sumbawa

PT PLN Area Sumbawa terus berupaya untuk memperbaiki layanan, salah satunya dengan meminimalisir pemadaman. Upaya yang dilakukan selama ini membuat kondisi listrik khususnya di Kota Sumbawa cukup membaik. Sementara di wilayah kecamatan

amdal

masih harus mendapat perhatian serius. Berbagai langkah pun dilakukan, salah satunya mendatangkan mesin sewa guna menambah daya yang ada.

Asisten Manager PT PLN Area Sumbawa, Hengky Purbo yang ditemui belum lama ini mengatakan, tiga mesin rental berkapasitas 3 Mega Watt (MW) milik PT Arena Maju Bersama (AMB) telah tiba dan mulai beroperasi. Sedangkan tiga unit mesin lagi juga berkapasitas 3 MW milik perusahaan yang sama, masih dalam perjalanan.

Selain 6 unit mesin ini, PT PLN Sumbawa sedang menunggu datangnya beberapa unit mesin sewa lainnya yang akan ditempatkan di PLN Rayon Empang untuk menambah daya mesin yang sudah ada. Ini dilakukan agar pelayanan listrik di wilayah timur Sumbawa menjadi lebih baik dan dapat mengkafer wilayah Plampang, Maronge hingga Lape dan Lopok.

Untuk diketahui, ketersediaan listrik di Kabupaten Sumbawa dalam kondisi aman dengan beban puncak sekitar 31 MW, sementara kapasitas mesin yang ada mencapai 32—33 MW. Dengan adanya kelebihan satu mega ini dapat dijadikan cadangan untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan mesin secara mendadak. Di samping itu mesin yang ada dapat dilakukan pemeliharaan agar bisa digunakan secara kontinyu.

Baca Juga  Pancaran Bahagia, 49 K1 Terima SK PNS

Disinggung mengenai rencana pemadaman listrik di wilayah Kota Sumbawa yang dijadwalkan Minggu (11/5) dari pukul 09.00—16.00 Wita, diakui Hengky, sengaja dilakukan, untuk kepentingan pemeliharaan mesin. Sementara pemadaman di RSUD Provinsi KM 5 Sumbawa dilakukan karena ada penambahan daya.

Mengenai pemadaman di wilayah pedesaan yang kerap terjadi, Hengky menyatakan menjadi PR yang akan dituntaskan PLN.

Pemadaman listrik ini cenderung disebabkan gangguan alam terutama jaringan yang tertimpa ranting pohon. Untuk mengatasinya, PLN akan menurunkan tim Drop Gang yang bertugas melakukan perabasan. Di samping menambah dan mengganti beberapa tiang listrik yang sudah kropos.  “Ini semua kami lakukan karena kami tidak ingin pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu. Kami akan tetap berusaha maksimal memberikan pelayanan prima, dan berharap mendapat dukungan dari masyarakat,” demikian Hengky. (*)

iklan bapenda