DAK Pendidikan 2014 Belum Terealisasi

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/05)

Amir Mahmud ME
Amir Mahmud ME

Hingga Mei 2014 ini DAK bidang pendidikan Tahun 2014 belum terealisasi. Pasalnya spesifikasi buku DAK sebagai dasar pelaksanaan belum juga diterbitkan.

amdal

DAK tahun ini porsinya lebih diarahkan untuk pengadaan buku daripada fisik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Sebab semua jenjang pendidikan mulai tahun pelajaran 2014/2015, sudah harus menggunakan Kurikulum 2013, tidak lagi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). “Sampai hari ini kami belum menerima spesifikasi buku DAK,” kata Kasubag Program Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Amir Mahmud, ME.

Amir memperkirakan pelaksanaan DAK bidang pendidikan tahun ini direalisasikan akhir tahun. Itu merujuk pada tenggang waktu pengadaan buku pendukung Kurikulum 2013 yang diberikan kesempatan sampai akhir Desember 2014, di samping belum dapat dipastikannya kapan spesifikasi buku DAK ini diterbitkan. “Tapi kami berharap spesifikasinya segera diterbitkan, agar memasuki tahun pelajaran baru buku Kurikulum 2013 sudah miliki sekolah dan siswa,” tandasnya.

Belum diterbitkannya spesifikasi buku ini sambung Amir, berimbas belum dapat dilaksanakannya DAK untuk fisik Tahun 2014, karena berapa dana yang tersisa dari DAK buku ini akan menentukan besarnya DAK fisik ini. “DAK fisik juga belum dapat direalisasikan, karena harus menunggu pemenuhan buku untuk Kurikulum 2013 dulu,” ujarnya.

Lalu bagaimana nasib DAK sisa dan lanjutan Tahun 2010—2013 ?. Khusus DAK sisa dan lanjutan ini tambah Amir, tidak berpengaruh dengan belum diterbitkannya spesifikasi DAK buku. Saat ini sedang dilakukan usulan Harga Perhitungan Sendiri (HPS). “Kalau DAK sisa dan lanjutan, akan dilaksanakan dalam bulan ini ,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Zulkieflimansyah: Anak Sekotong Harus Berani Taklukkan Dunia