Rekom BBM Dipalsukan, Diringkus Polisi di SPBU

oleh -1 views
bankntb
Seperangkat Komputer sarana membuat Rekom Palsu
Seperangkat Komputer sarana membuat Rekom Palsu

Sumbawa Besar, SR (08/05)

Aksi JN alias Boy, berakhir. Warga Desa Ranan Kecamatan Ropang ini diringkus polisi saat mengisi BBM jenis solar di SPBU Kebayan, Kelurahan Brang Biji, Selasa siang sekitar pukul 12.00 Wita. Sebab rekomendasi yang dikantongi untuk pembelian BBM sebanyak 800 liter atau 4 drum, ternyata palsu. Rekomendasi itu dibuatnya sendiri, dan tertera stempel basah maupun tandatangan Camat Sumbawa dan Camat Moyo Hilir yang aspal (asli tapi palsu). Dari tangannya polisi menyita 600 liter solar yang dikemas dalam tiga drum dan satu drumnya belum sempat terisi.

Selain itu ikut disita seperangkat computer dan printer yang digunakan untuk membuat rekomendasi, serta dua buah stempel camat.

“Kami sudah menetapkannya sebagai tersangka dan resmi ditahan sejak hari ini, Rabu (7/5),” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM yang dikonfirmasi di ruang kerjanya.

Kapolres mengatakan dalam aksinya, tersangka menggandakan rekomendasi BBM dengan cara membuatnya sendiri. Rekomendasi pertama digunakan untuk pembelian BBM di SPBU KM 3, sedangkan rekomendasi yang digandakan untuk pembelian di SPBU Kebayan. Hal ini dilakukan agar pembelian BBM dapat dilakukan secara berulang-ulang yang diduga dibeli dengan harga subsidi namun dijual dengan harga industry. Namun polisi cukup jeli, dan mengendus modus yang dilakukan tersangka.

Terhadap aksinya, ungkap Kapolres, tersangka dijerat pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Diparkir di Depan Hotel, Penjual Buah Kehilangan Motor