Miniatur Istana Dalam Loka Dilombakan

oleh -19 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (06/05)

Dinas Pemuda Olaraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa melalui Bidang Pemuda, akan menggelar Lomba Miniatur Dalam Loka. Dalam lomba ini Disporabudpar menyediakan hadiah total Rp 15 juta dengan rincian juara pertama Rp 5 juta, kedua Rp 3 juta, dan ketiga Rp 2 juta, dan harapan satu hingga harapan tiga masing-masing mendapatkan Rp 1 juta.

amdal

Kepala Bidang Pemuda Disporabudpar Kabupaten Sumbawa, Harun Arsul SE menyebutkan, kegiatan Lomba Miniatur Dalam Loka ini merupakan yang pertamakali mulai Tahun 2014 ini dan akan menjadi event tahunan.

Menurut Harun, lomba ini sebagai bagian dari promosi pariwisata di Kabupaten Sumbawa karena melalui publikasi dan menjadikan cindramata miniatur obyek Istana Dalam Loka, secara otomatis Kabupaten Sumbawa akan dikenal di seluruh nusantara.

Pada lomba tersebut, jelasnya akan digabungkan unsur arsitektur dan budaya dalam pembuatannya berupa wujud fisik dua dimensi atau tiga dimensi sebagai desain dalam sekala kecil atau mini. “Kami berharap nantinya miniatur Istana Dalam Loka ini akan menjadi souvenir, cindra mata, atau buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke Tana Samawa,” jelasnya seraya mengatakan, karya miniatur Istana Dalam Loka ini dapat dibuat dalam berbagai bentuk seperti bordiran, lukisan, pahatan dan bangunan mini.

Untuk diketahui, tujuan digelarnya lomba tersebut, secara khusus adalah memotivasi para pengrajin dan pemerhati seni serta budaya untuk berkreasi melakukan inovasi produk kerajinan atau cindramata. Selain itu menyediakan wahana kreatifitas bagi seniman, generasi muda, masyarakat, mahasiswa/pelajar untuk berperan serta dalam pembangunan kepariwisataan. Dan memberikan penghargaan atas usaha dan kepedulian seniman, generasi muda, masyarakat mahasiswa/pelajar atas inovasi pemgembangan produk.

Baca Juga  Kerajaan Dongeng Edukasi Mitigasi Bencana, Disambut Antusias Ribuan Masyarakat 

Dengan sasaran lomba tambah Harun, akan terciptanya raga produk seni sebagai cindramata khas daerah Tana Samawa, munculnya sentra produk-produk khas daerah dan tergeraknya masyarakat, terutama generasi muda dan dunia usaha dalam pengembangan wirausaha serta dapat membuka peluang usaha bagi peningkatan kesejahteraan.

Lomba ini dapat diikuti oleh perseorangan, organisasi, lembaga seni dari Kabupaten Sumbawa, dengan ketentuan karya dapat dibuat di tempat masing-masing dan membawa hasil ke tempat penilaian yang telah ditentukan. Karya akan dinilai oleh tim penilai dan keputusan penilai tidak dapat  diganggu gugat. Selain itu karya yang telah dinilai oleh tim penilai yakni H Amri, S.Sos MSi, Ir Iskandar D M,Ec.Dev, Muttakin ST, MSi, Ir H Padusung, MM dan Drs A Gani Selim. “Semua karya seni dalam lomba akan menjadi milik Disporabudpar atau SKPD penyelenggara,” ujarnya.

Panitia juga membuat sejumlah ketentuan teknis lomba yang nantinya harus dilaksanakan oleh peserta.

Peserta menyerahkan hasil karyanya kepada panitia pada 4 Agustus 2014, dan akan dipajang di Halaman Istana Dalam Loka selama 3 hari mulai 5 hingga 7 Agustus 2014  dan pengumuman pemenang pada malam resepsi 17 Agustus 2014. (*)

iklan bapenda